Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Kebiasaan Belajar dgn Prestasi Belajar Mahasiswa Akademi Kebidanan

Judul Skripsi : Hubungan Konsep Diri dan Kebiasaan Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Akademi Kebidanan Mitra Husada Karanganyar pada Mata Kuliah Askeb II.

 

A. Latar Belakang Masalah

Prestasi belajar akan meningkat apabila ada konsep diri mahasiswa secara positif serta keaktifan mahasiswa melalui kebiasaan belajar yang baik. Sebab dengan kebiasaan belajar yang baik dan teratur, maka akan membuat mahasiswa belajar sesuai dengan rencana belajar. Keteraturan belajar, penggunaan dan pembagian waktu belajar yang dapat dilaksanakan setiap hari, sehingga akan membentuk suatu kebiasaan belajar. Dengan kebiasaan belajar maka akan dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa.

Berdasarkan latar belakang tersebut diatas, maka penulis tertarik untuk meneliti hubungan konsep diri dan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa Akademi Kebidanan Mitra Husada Karanganyar pada mata kuliah Askeb II.

 

B. Perumusan Masalah

  1. Apakah ada hubungan antara konsep diri dengan prestasi belajar mahasiswa Akademi Kebidanan Mitra Husada Karanganyar pada mata kuliah Askeb II?
  2. Apakah ada hubungan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa Akademi Kebidanan Mitra Husada Karanganyar pada mata kuliah Askeb II ?
  3. Apakah ada hubungan antara konsep diri dan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa Akademi kebidanan Mitra Husada Karanganyar pada mata kuliah Askeb II?

 

C. Tujuan Penelitian Skripsi

Tujuan Umum

Mengetahui hubungan konsep diri dan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa Akademi Kebidanan Mitra Husada Karanganyar pada mata kuliah Askeb II.

Tujuan Khusus

  1. Mengetahui hubungan konsep diri dengan prestasi belajar mahasiswa Akademi Kebidanan Mitra Husada Karanganyar pada mata kuliah Askeb II.
  2. Mengetahui hubungan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa Akademi Kebidanan Mitra Husada Karanganyar pada mata kuliah Askeb II.

 

D. Simpulan

1. Hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dengan prestasi belajar mahasiswa Akbid Mitra Husada Karanganyar pada mata kuliah Askeb II. Adanya konsep diri yang positif akan berpengaruh terhadap pemikirannya, perilakunya, sikap serta pendidikan dalam pencapaian prestasi belajar.

2. Hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa Akbid Mitra Husada Karanganyar pada mata kuliah Askeb II. Kebiasaan belajar yang teratur maka akan dapat meningkatkan prestasi belajar. Sebab kebiasaan belajar mengandung motivasi yang kuat dari dalam individu.

3. Hubungan yang signifikan antara konsep diri dan kebiasaan belajar secara bersama – sama dengan prestasi belajar mahasiswa Akbid Mitra Husada Karanganyar pada mata kuliah Askeb II. Konsep diri yang positif serta melalui kebiasaan belajar yang teratur dapat meningkatkan prestasi belajar.