Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Karya Sastra Novel “Jalan Raya Pos, Jalan Daendels” Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah

Judul Tesis : Karya Sastra Novel “Jalan Raya Pos, Jalan Deandels” Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah

A. Latar Belakang Masalah

Dilihat dari sudut pandang perbedaan antara fakta dan fiksi, dalam kajian novel ini tidak banyak menggunakan gaya bercerita yang terlalu fiktif tetapi lebih banyak berupa fakta sejarah, sehingga hal ini akan membantu peserta didik untuk memahami isi novel dikaitkan dengan fakta sejarah yang ada yaitu pembangunan jalan raya pos. Pemilihan karya sastra yang tidak terlalu fiktif ini dilakukan sebab kemampuan membaca dan pemahaman terhadap fakta dan fiksi disesuaikan dengan tingkat kemampuan peserta didik di Sekolah Menengah Atas. Hal ini yang menyebabkan guru harus mempertimbangkan pemilihan novel disesuaikan faktor bahasa karya sastra yang dipilihnya.

Tujuan utama penggunaan karya sastra dalam bentuk novel sejarah dalam kegiatan pembelajaran sejarah adalah membuat peserta didik lebih tertarik untuk mempelajari sejarah dan menjadi sumber pembelajaran yang efektif untuk menyampaikan pesan dalam bentuk materi pembelajaran. Penggunaan sumber belajar baru yang lebih bervariasi ini juga diharapkan akan menjadi tantangan baru bagi guru dan peserta didik di Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Salatiga.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Pesan sejarah apa yang terkandung dalam novel “Jalan Raya Pos, Jalan Daendels”?
  2. Apakah guru sejarah sudah memahami sumber pembelajaran sejarah dengan menggunakan novel “Jalan Raya Pos, Jalan Daendels”?
  3. Bagaimana relevansi pengetahuan sejarah yang terkandung dalam novel “Jalan Raya Pos, Jalan Daendels” terhadap Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) pada mata pelajaran sejarah di Sekolah Menengah Atas?

 

C. Kajian Teori

1. Pengertian Karya Sastra

Sastra merupakan suatu institusi sosial yang juga menggunakan medium ciptaan masyarakat, yaitu bahasa. Hal itu merupakan konsekuensi logis, sebab sastra memerlukan bahasa agar dapat tersampaikan pada masyarakat dengan baik.

 

2. Hubungan antara Karya Sastra dan Sejarah

Menurut A. Teeuw (dikutip Edi S. Ekadjati, 1983: 19), karya sastra sejarah adalah karya tulis yang bersifat ganda, yaitu bersifat sastra dan sejarah. Dilihat dari sudut sastra, karya sastra sejarah termasuk salah satu jenis sastra.

 

3. Fungsi Sastra dan Pembelajaran Sastra

Dalam bidang pendidikan sastra sangat penting bagi peserta didik dalam upaya pengembangan rasa, cipta, dan karsa. Hal yang lepas dari fungsi utama sastra yakni sebagai penghalus budi, peningkatan rasa kemanusiaan dan kepedulian sosial, penum-buhan apresiasi budaya, dan penyalur gagasan, imajinasi dan ekspresi secara kreatif dan konstruktif.

 

D. Metode Penelitian

Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Atas Negeri kota Salatiga yang terdiri dari SMA Negeri 1, 2, dan 3.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus tunggal terpancang. Sumber data terdiri dari dokumen (naskah novel “Jalan Raya Pos, Jalan Daendels”, silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran/RPP), informan (guru sejarah dan siswa), tempat dan peristiwa saat proses pembelajaran dengan menggunakan novel.

Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi langsung, pembahasan novel, dan analisis dokumen. Teknik cuplikan yang dipakai adalah purposive sampling. Validitas data menggunakan trianggulasi data dan metode.

Analisis data menggunakan analisis interaktif dengan tiga tahapan analisis, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan yang berinteraksi dengan pengumpulan data secara siklus.

 

E. Kesimpulan

1. Secara prinsip novel “Jalan Raya Pos, Jalan daendels” dapat digunakan sebagai sumber pembelajaran sejarah. Novel ini mempunyai banyak pesan sejarah yang berusaha disampaikan, pesan sejarah yang paling utama adalah sejarah Hindia Belanda pada masa Daendels dengan salah satu kebijakannya membangun Jalan Raya Pos.

2. Pemahaman yang beragam terhadap novel sejarah menyebabkan perbedaan apresiasi. Setelah diberikan novel untuk dipelajari, guru sejarah di Sekolah Menengah Atas Negeri kota Salatiga mempuyai apresiasi yang tinggi dengan digunakannya novel “Jalan Raya Pos, Jalan Daendels” sebagai sumber pembelajaran sejarah.

3. Pengetahuan sejarah yang terdapat dalam novel “Jalan Raya Pos, Jalan Daendels” tidak seluruhnya sesuai dengan judulnya yaitu tentang pembangunan Jalan Raya Pos oleh Daendels.