Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Kajian Psikologi Sastra dan Nilai Pendidikan Karya Habiburrahman El Shirazy

Judul Skripsi : Kajian Psikologi Sastra dan Nilai Pendidikan Novel Cinta Suci Zahrana Karya Habiburrahman El Shirazy

 

A. Latar Belakang Masalah

Novel dibangun oleh dua unsur yakni unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Unsur intrinsik adalah unsur-unsur yang membangun karya sastra dari dalam novel itu sendiri yang meliputi tema, tokoh dan penokohan, alur, setting, dan sudut pandang. Sedangkan unsur ekstrinsik adalah unsur-unsur yang membangun karya sastra dari luar novel, seperti aspek psikologi, sosiologi, dan biografi pengarang. Dalam menganalisis sebuah novel terlebih dahulu yang harus dianalisis adalah unsur intrinsik. Karena untuk menganalisis unsur ekstrinsik dibutuhkan analisis unsur intrinsik. Berdasarkan hal itu, ada hubungan antara sastra dengan psikologi sastra yang meliputi hubungan psikologi watak tokoh dalam karya sastra, psikologis pembaca sebagai penikmat karya sastra, dan psikologis penulis ketika melakukan proses kreatif.

Oleh sebab itu, unsur intrinsik merupakan unsur yang sangat penting dalam menentukan sebuah isi novel. Pendekatan psikologi sastra digunakan untuk mengkaji novel Cinta Suci Zahrana karena sebuah novel diciptakan pengarang dengan tokoh dan karakter yang melekat. Dalam hal ini, tokoh dicipakan pengarang dengan keadaan jiwa tertentu ketika menghadapai masalah. Selain itu, novel Cinta Suci Zahrana sarat akan keadaan jiwa tokoh yang mengalami masalah dengan dirinya sendiri.

 

B. Rumusan Masalah Skripsi

  1. Bagaimanakah kejiwaan tokoh novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy?
  2. Bagaimanakah nilai pendidikan yangterkandung dalam novel Cinta Suci Zahrana Karya Habiburrahman El Shirazy?

 

C. Tujuan

Tujuan Umum

Mendeskrisipkan dan menjelaskan novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El-Shirazy dengan pendekatan psikologi sastra.

Tujuan Khusus

  1. Mendeskripsikan dan menjelaskan kejiwaan tokoh novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy.
  2. Mendeskripsikan dan menjelaskan nilai pendidikan dalam novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El-Shirazy.

 

D. Simpulan

1. Kejiwaan Tokoh Novel Cinta Suci Zahrana Karya Habiburrahman El Shirazy Aspek psikologi tokoh yang ada dalam novel Cinta Suci Zahrana menganut paham dari Abraham Maslow. Paham ini dipilih karena dalam novel Cinta Suci Zahrana terjadi psikologi normal yang dialami tokoh-tokohnya. Aspek psikologi Abraham Maslow memiliki lima kebutuhan mendasar yakni kebutuhan fisiologis, kebutuhan keamanan, kebutuhan disayangi dan dicintai, kebutuhan harga diri, dan kebutuhan aktualisasi diri. Kelima kebutuhan ini akan terpenuhi jika kebutuhan yang paling mendasar sudah terpenuhi.

2. Nilai-nilai Pendidikan Novel Cinta Suci Zahrana Karya Habiburrahman El Shirazy Karya sastra yang baik pasti mengandung nilai-nilai pendidikan. Nilai pendidikan tersebut terdiri dari nilai pendidikan agama, nilai pendidikan moral, nilai pendidikan sosial, nilai pendidikan estetis dan nilai pendidikan budaya. Novel Cinta Suci Zahrana menunjukkan ketaatan terhadap Tuhannya dalam keadaan apapun dan sesulit apapun.Masyarakat selalu menjadikan agama sebagai tujuan. Dalam novel ini, ditunjukkan cara mendekatkan diri pada Tuhannya yaitu dengan salat lima waktu, mengaji, dan berdoa sepanjang waktu dengan kepasrahan terhadap kehendak Tuhan. Nilai pendidikan moral ditunjukkan melalui rasa solidaritas yang tinggi dalam pergaulan masyarakat, kepedulian terhadap sesama, dan kasih sayang antar masyarakat. Nilai pendidikan sosial digambarkan melalui hubunggan antar masyarakat dalam kehidupan yakni dalam bentu kepedulian antar masyarakat, dan rasa saling membantu satu dengan yang lain dalam peranannya sebagai makhluk sosial. Nilai pendidikan estetis ditunjukkan melalui melalui kegiatan yang dilakukan para tokoh dalam menjalankan kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat khususnya Jawa.