Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Kajian Intertekstual dan Nilai Pendidikan Novel Karya Remy Sylado dan Arthur Golden

Judul Skripsi : Kajian Intertekstual dan Nilai Pendidikan Antara Novel Memoirs Of A Geisha Karya Arthur Golden dengan Novel Kembang Jepun Karya Remy Sylado

A. Latar Belakang Masalah

Novel Kembang Jepun karya Remy Sylado mengisahkan tentang kehidupan seorang geisha asal Manado yang bertempat tinggal di Surabaya. Novel ini sangat menarik untuk dikaji karena di samping mempunyai kemiripan dengan Memoirs of A Geisha. Geisha tetapi juga menampilkan tiga zaman yaitu zaman kolonial, zaman Jepang, dan masa kemerdekaan.

Alasan peneliti tertarik meneliti novel Memoirs of A Geisha karya Arthur Golden dan Kembang Jepun karya Remy Sylado dengan kajian intertekstual karena

  • Antara novel Memoirs of A Geisha dengan Kembang Jepun memiliki banyak persamaan dan perbedaan dari segi struktur cerita dan
  • Antara novel Memoirs of A Geisha dan Kembang Jepun mengandung nilai pendidikan terutama nilai pendidikan moral dan nilai pendidikan budaya.

Oleh karena itu, peneliti mengkaji kedua novel tersebut dengan pendekatan intertekstual dan nilai pendidikan moral dan nilai pendidikan budaya yang terdapat dalam kedua novel tersebut.

 

B. Perumusan Masalah Skripsi

  1. Bagaimanakah persamaan antara novel Memoirs of a Geisha karya Arthur Golden dan Kembang Jepun karya Remy Sylado?
  2. Bagaimanakah perbedaan antara novel Memoirs of a Geisha karya Arthur Golden dan Kembang Jepun karya Remy Sylado?
  3. Bagaimanakah hubungan intertekstual antara novel Memoirs of A Geisha karya Arthur Golden dengan novel Kembang Jepun karya Remy Sylado?

 

C. Tujuan Penelitian

  1. Mendeskripsikan dan menjelaskan persamaan antara novel Memoirs of a Geisha karya Arthur Golden dan Kembang Jepun karya Remy Sylado.
  2. Mendeskripsikan dan menjelaskan perbedaan antara novel Memoirs of a Geisha karya Arthur Golden dan Kembang Jepun karya Remy Sylado.
  3. Mendeskripsikan dan menjelaskan hubungan intertekstual antara novel Memoirs of A Geisha karya Arthur Golden dengan novel Kembang Jepun karya Remy Sylado.

 

D. Simpulan

1. Penokohan dan perwatakan yang terdapat dalam novel Memoirs of A Geisha dengan Kembang Jepun terdapat persamaan dan perbedaan. Persamaannya perwatakan pada kedua novel tersebut adalah sikap jujur, sabar, mandiri, percaya diri, setia (tepat janji), bekerja keras, optimis, rela berkorban, dan cerdik. Perbedaan perwatakan dalam kedua novel tersebut adalah tokoh tambahan Ketua sebagai pengusaha mempunyai watak pandai namun tidak berani mengungkapkan cinta, sedangkan tokoh Tjak Broto sebagai wartawan mempunyai watak yang berani mengungkapkan cintanya.

2. Setting pada novel Memoirs of A Geisha karya Arthur Golden dengan novel Kembang Jepun karya Remy Sylado terdapat persamaan dan perbedaan. Persamaannya, kedua novel tersebut menggunakan Jepang sebagai latar. Perbedaannya, dalam novel Memoirs of A Geisha Kyoto (Jepang) sebagai pusat cerita, sedangkan dalam novel Kembang Jepun Jepang merupakan pengembangan cerita. Dalam novel Kembang Jepun kota Surabaya dan Blitar merupakan pusat cerita.

3. Setelah mengetahui persamaan dan perbedaan antara novel Memoirs of A Geisha dengan Kembang Jepun dari unsur strukturnya, maka dapat diketahui bahwa novel Memoirs of A Geisha memberikan pengaruh terhadap terciptanya novel Kembang Jepun. Dengan demikian, novel Memoirs of A Geisha karya Arthur Golden merupakan hipogram novel Kembang Jepun karya Remy Sylado. Dengan kata lain novel Kembang Jepun merupakan teks transformasi dari novel Memoirs of A Geisha.