Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Kajian Feminisme dan Nilai Pendidikan Novel Karya Achmad Munif

Judul Skripsi : Kajian Feminisme dan Nilai Pendidikan Novel Maruti Jerit Hati Seorang Penari Karya Achmad Munif

 

A. Latar Belakang Masalah

Pemilihan novel Maruti Jerit Hati Seorang Penari sebagai objek penelitian didasarkan pada beberapa hal, diantaranya Maruti Jerit Hati Seorang Penari merupakan novel yang berisi perjuangan perempuan kelas bawah yang selalu berupaya mempertahankan harkat, martabat, dan derajat kaum perempuan. Meninjau novel Maruti Jerit Hati Seorang Penari berdasarkan sudut pandang feminisme dalam penelitian ini akan mengangkat eksistensi perempuan, pokok-pokok pikiran feminisme, dan nilai pendidikan yang terdapat dalam novel tersebut.

Sehubungan dengan keinginan perempuan untuk menunjukkan eksistensi dirinya tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran perempuan di tengah lingkungan budaya patriarki yang ada dalam karya sastra berdasarkan perspektif feminisme. Pendekatan feminisme yang digunakan untuk menganalisis novel ini adalah feminisme sosialis.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana pokok-pokok pikiran feminisme dalam novel Maruti Jerit Hati Seorang Penari karya Achmad Munif?
  2. Bagaimana nilai-nilai pendidikan yang ada dalam novel Maruti Jerit Hati Seorang Penari karya Achmad Munif?

 

C. Tujuan Penelitian

Tujuan Umum

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui bagaimana perspektif feminisme dalam dunia sastra. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang bentuk-bentuk kekerasan terhadap perempuan dan bentuk- bentuk perlawanan perempuan terhadap kekerasan akibat ketidakadilan gender.

Tujuan Khusus

  1. Pokok-pokok pikiran feminisme dalam dalam novel Maruti Jerit Hati Seorang Penari karya Achmad Munif.
  2. Nilai-nilai pendidikan yang ada dalam novel Maruti Jerit Hati Seorang Penari karya Achmad Munif.

 

D. Simpulan

Pokok-pokok Pikiran Feminisme dalam Novel Maruti Jerit Hati Seorang Penari Karya Achmad Munif Pokok-pokok pikiran feminisme dalam novel Maruti Jerit Hati Seorang Penari karya Achmad Munif meliputi:

  1. Kemandirian tokoh perempuan: Tokoh perempuan dalam novel Maruti Jerit Hati Seorang Penari mampu membuktikan bahwa perempuan tidak selalu bergantung kepada suami.
  2. Tokoh profeminis dan kontrafeminis: Tokoh profeminis adalah tokoh-tokoh yang mendukung perjuangan feminisme, kebalikannya tokoh kontrafeminis berusaha untuk menentang perjuangan feminisme.
  3. Analisis feminisme sosial dalam novel: Feminisme sosial dalam novel Maruti Jerit Hati Seorang Penari tampak pada usaha perempuan untuk menentang perlakuan tak adil atasannya. Pekerja perempuan berusaha menjaga diri dari pelecehan yang dilakukan atasan. Bahkan perempuan sanggup menerima akibat dari tindakannya, misalnya setelah dipecat dari pekerjaan perempuan mampu bekerja lagi sesuai pilihannya.

Nilai-nilai pendidikan dalam Novel Maruti Jerit Hati Seorang Penari Karya Achmad Munif Novel Maruti Jerit Hati Seorang Penari karya Achmad Munif sarat akan  nilai-nilai pendidikan diantaranya:

  1. Nilai pendidikan agama
  2. Nilai pendidikan moral
  3. Nilai pendidikan sosial
  4. Nilai pendidikan budi pekerti