Kader Kesehatan dgn Kinerja dlm Desa Siaga Program Perencanaan Persalinan

Judul Skripsi : Hubungan Persepsi dan Motivasi Kader Kesehatan dengan Kinerja dalam Desa Siaga Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K)

 

A. Latar Belakang Masalah

Perlu segera diadakan pelatihan kader kesehatan tentang P4K. Melalui pelatihan ini diharapkan ada peningkatan kemampuan kader kesehatan sehingga mereka bisa memberikan bimbingan dan pengarahan secara teknis kepada ibu hamil mengenai P4K. Selain itu juga untuk merubah persepsi dan meningkatkan motivasi kader dalam menjalankan peranya sebagai kader P4K sehingga kinerjanya juga menjadi semakin baik.

Berdasarkan uraian diatas peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan merumuskan dalam judul penelitian : “Hubungan Persepsi dan Motivasi Kader Kesehatan dengan Kinerja dalam Desa Siaga Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) di Wilayah Kerja Puskesmas Mojo Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri”.

 

B. Perumusan Masalah

Adakah hubungan persepsi dan motivasi kader kesehatan dengan kinerja dalam Desa Siaga Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) ?

 

C. Tujuan Penelitian

Tujuan Umum

Mengetahui hubungan persepsi dan motivasi kader kesehatan dengan kinerja dalam Desa Siaga Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K).

Tujuan Khusus

1. Menganalisis hubungan persepsi dengan kinerja dalam Desa Siaga Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) di Wilayah Kerja Puskesmas Mojo Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri.

2. Menganalisis hubungan motivasi kader kesehatan dengan kinerja dalam Desa Siaga Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) di Wilayah Kerja Puskesmas Mojo Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri.

3. Menganalisis hubungan motivasi dan persepsi kader kesehatan dengan kinerja dalam Desa Siaga Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) di Wilayah Kerja Puskesmas Mojo Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri.

 

D. Kesimpulan Skripsi

  1. Ada hubungan persepsi dengan kinerja dalam Desa Siaga Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) di Wilayah Kerja Puskesmas Mojo Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri (r = 0,79 ; p = 0,002).
  2. Ada hubungan motivasi dengan kinerja dalam Desa Siaga Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) di Wilayah Kerja Puskesmas Mojo Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri (r = 0,8 ; p = 0,001).
  3. Ada hubungan persepsi dan motivasi dengan kinerja dalam Desa Siaga Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) di Wilayah Kerja Puskesmas Mojo Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri (r = 0,93; p < 0,001)

 

E. Saran

Bagi Lahan Penelitian

Disarankan agar Dinas Kesehatan bersama Puskesmas Mojo melakukan pembinaan secara rutin kepada kader Desa Siaga P4K di setiap desa sehingga selalu ada tambahan informasi, pengetahuan dan keterampilan teknis dalam pelaksanaan kegiatan program Desa Siaga P4K. Kegiatan ini dapat dilaksanakan melalui kegiatan monitoring dan evaluasi, supervisi, pembinaan dan pelatihan, lomba desa siaga P4K maupun studi banding kedesa lain sehingga kader timbul motivasi yang kuat untuk meningkatkan kinerjanya.

Bagi Profesi Kebidanan

IBI (Ikatan Bidan Indonesia) menjadi lembaga yang ikut memonitor terselenggaranya desa siaga P4K melalui supervisi dan monitoring.