Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Judul Tesis : Produksi Segmen Feature dlm Program Berita Jogja

Judul Tesis : Produksi Segmen Feature dalam Program Berita Jogja di LPP TVRI Yogyakarta

 

A. Latar Belakang

Perkembangan teknologi televisi mempunyai pengaruh besar dalam penyampaian informasi yang dibutuhkan atau berhubungan dengan masyarakat sebagai pemirsa. Banyak bermunculannya stasiun televisi di Indonesia mengakibatkan kompetisi diantaranya semakin meningkat. TVRI stasiun D. I Yogyakarta sebagai salah satu stasiun televisi lokal mencoba menawarkan paket yang lain yaitu lebih mengetengahkan budaya masyarakat lokal. Format acara beritanya pun untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi masyarakat D.I Yogyakarta dan sekitarnya. TVRI stasiun D. I. Yogyakarta memiliki program berita unggulan dengan nama “Berita Jogja”.

Agar lebih memiliki daya tarik dan menghindarkan penonton dari kejenuhan, maka TVRI stasiun D. I. Yogyakarta terus mengembangkan inovasi dalam bidang pemberitaan. Salah satu caranya adalah dengan membuat variasi isi berita dan tampilan. Berita yang ditayangkan tidak hanya berupa hard news tetapi juga dalam bentuk feature. Produksi feature ini tidak berbeda dengan berita umum yang lain, tetapi tampilan feature bersifat berita mendalam, mengambil sisi lain dari suatu peristiwa, keadaan atau aspek kehidupan. Feature ini juga bersifat menghibur dan selalu mengandung human interest di dalamnya. Teknik pengambilan gambar pun berbeda dengan berita pada umumnya. Pengambilan gambar pada feature memperhatikan aspek artistiknya. Feature ini menjadikan penampilan Berita Jogja berbeda dengan berita yang diproduksi oleh stasiun lain. Segmen feature mampu menampilkan Berita Jogja lebih menarik dan menjadi suguhan berita yang dapat diandalkan kualitasnya di wilayah D. I. Yogyakarta dan sekitarnya.

 

B. Identifikasi Masalah

  1. Bagaimana pengertian dan karakteristik segmen feature dalam Berita Jogja?
  2. Bagaimana mekanisme pra produksi segmen feature dalam Berita Jogja?
  3. Bagaimana mekanisme produksi segmen feature dalam Berita Jogja?

 

C. Landasan Teori

Karakteristik Media Televisi

Televisi mempunyai kekuatan yang besar untuk mempengaruhi akal dan rasa khalayak. Televisi juga mampu membangun opini publik. Melalui media televisi, perubahan sosial dapat terjadi. Namun sebelum memobilisasi massa, televisi terlebih dahulu mempengaruhi sikap dan kepercayaan khalayak ( Redi Panuju, 2005:107-108).

Pengertian Berita

Menurut Dean M. Lyle Spencer dalam bukunya News Writings yang dikutip oleh Deddy Iskandar Muda (2003: 21) menyatakan bahwa Berita dapat didefinisikan sebagai setiap fakta yang akurat atau suatu ide yang dapat menarik perhatian bagi sejumlah besar pemirsa.

Pengertian Feature

Feature adalah suatu program yang membahas suatu pokok bahasan, satu tema, diungkapkan lewat berbagai pandangan yang saling melengkapi, mengurai, menyoroti secara kritis dan disajikan dengan berbagai format (Fred Wibowo, 2007:186).

 

E. Kesimpulan

  1. Segmen feature dalam Berita Jogja berupa liputan tentang berbagai hal yang menarik, bersifat ringan dan menghibur serta menekankan aspek human interest.
  2. Kunci kesuksesan produksi feature yang meliputi pra produksi, produksi dan paska produksi adalah kerja tim yang solid sesuai dengan tugasnya masingmasing.
  3. Produksi mini feature dalam Berita Jogja yang bersifat ringan dan menghibur telah membuat tampilan paket berita ini lebih menarik.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Produksi Segmen Feature dalam Program Berita Jogja di LPP TVRI Yogyakarta
  2. Jurnalistik Di Majalah Olga
  3. Mekanisme Peran Videojurnalis dalam Peliputan Berita di Rajawali Citra Televisi Indonesia
  4. Efektifitas Kinerja Public Relations dalam Hal Menjaga Interaksi Hubungan Komunikasi
  5. Peran Reporter dalam Produksi Berita Seputar Jogja di Jogja Tv – Yogyakarta