Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Judul Skripsi: Strategi Dinas Pengelolaan Pasar Kota Surakarta dlm Retribusi Pasar

Judul Skripsi : Strategi Dinas Pengelolaan Pasar Kota Surakarta dalam Mengoptimalkan Penerimaan Retribusi Pasar Tahun 2008 Melalui Pemberdayaan Pasar Tradisional

 

A. Latar Belakang

Di tengah kondisi krisis ekonomi yang semakin parah, ternyata terdapat sebuah fenomena yang menarik. Ternyata tidak semua sector perekonomian mengalami keterpurukan. Perekonomian yang dibangun berdasarkan pola-pola tradisional ternyata tetap eksis, tidak terkena imbas dari krisis. Hal tersebut terlihat dari banyaknya usaha kecil dan menengah yang bertahan di tengah gempuran krisis apabila dibandingkan dengan perusahaan besar yang banyak mengalami gulung tikar.

Pasar tradisional sebagai bagian dari usaha sektor informal memiliki potensi untuk menciptakan dan memperluas lapangan kerja, terutama bagi tenaga kerja yang kurang memiliki kemampuan dan keahlian yang memadai untuk bekerja di sektor formal karena rendahnya tingkat pendidikan yang mereka miliki.

 

B. Rumusan Masalah

Bagaimana strategi Dinas Pengelolaan Pasar Kota Surakarta dalam mengoptimalkan penerimaan retribusi pasar tahun 2008 melalui pemberdayaan pasar tradisional?

 

C. Tinjauan Pustaka

Strategi

Kata “strategi” berasal dari bahasa Yunani strategos yang terbentuk dari kata stratos yang berarti militer dan -ag yang berarti memimpin. Grant (1999: 11) mendefinisikan strategi sebagai suatu rencana keseluruhan dalam memanfaatkan sumber daya untuk memperoleh kedudukan yang menguntungkan.

Optimal

Definisi optimal menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1989: 628) adalah terbaik, tertinggi, dan paling menguntungkan. Mengoptimalkan adalah menjadikan paling baik atau menjadikan paling tinggi. Sedangkan optimum adalah kondisi yang terbaik atau yang paling menguntungkan.

Pendapatan Asli Daerah (PAD)

Pendapatan asli daerah (PAD) adalah penerimaan yang diperoleh daerah dari sumber-sumber dalam wilayahnya sendiri yang dipungut berdasarkan peraturan daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

D. Metode Penelitian Skripsi

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah:

  • penelitian ini menggunakan tipe deskriptif kualitatif,
  • lokasi penelitian adalah Dinas Pengelolaan Pasar Kota Surakarta,
  • teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi,
  • sumber data diperoleh dari arsip dan dokumen serta wawancara,
  • teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling,
  • analisis data dengan menggunakan model analisis interaktif,
  • validitas data maka menggunakan triangulasi data.

 

E. Kesimpulan

Pemberdayaan pasar tradisional di Kota Surakarta dilakukan melalui beberapa kegiatan, antara lain:

  • Pembangunan (renovasi) pasar

Pembangunan (renovasi) pasar sudah berjalan secara optimal. Hal ini ditunjukkan dengan terealisasinya pembangunan 3 pasar dari 4 target yang ditetapkan pada tahun 2008, yaitu Pasar Legi, Pasar Gading, dan Pasar Windujenar.

  • Pemeliharaan pasar

Pemeliharaan fasilitas pasar dilakukan melalui pemeliharaan sarana dan prasarana bangunan pasar dan elektrikal mekanikal pasar. Pemeliharaan sarana dan prasarana bangunan pasar dilakukan dengan perbaikan sarana dan prasarana yang sudah ada maupun penambahan fasilitas baru, sedangkan pemeliharaan sarana dan prasarana elektrikal mekanikal pasar dilakukan dengan perawatan kelistrikan yaitu melakukan penggantian alat-alat listrik.

  • Pengembangan pengelolaan persampahan pasar

Peningkatan kebersihan pasar dilakukan melalui penambahan maupun pengantian alat kebersihan di masing-masing pasar. Kemudian juga mengupayakan pedagang supaya sadar akan kebersihan pasar.

 

Contoh Skripsi Administrasi

  1. Strategi Dinas Pengelolaan Pasar Kota Surakarta dalam Mengoptimalkan Penerimaan Retribusi Pasar Tahun 2008 Melalui Pemberdayaan Pasar Tradisional
  2. Peranan Puskesmas dalam Pelayanan Program Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta (PKMS) (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Peranan UPTD Puskesmas Rawat Inap Sibela dalam Pelayanan Program PKMS di Surakarta)
  3. Pemberdayaan Masyarakat dalam Pemanfaatan Alokasi Dana Desa (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pemanfaatan Alokasi Dana Desa di Desa Jatipuro Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar Tahun 2007)
  4. Kualitas Pelayanan Perijinan Dinas Kesehatan Kota Surakarta
  5. Peranan Kepala Desa dalam Pembangunan di Desa Ngringo Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar Tahun 2007