Melayani Jasa Pembuatan Tesis Dan Skripsi Professional Terpercaya | HP 0852.2588.7747
HP CS Kami 085225887747 (WhatApp) email:idtesis@gmail.com

Implementasi Pembelajaran Tematik Dalam Meningkatkan Kualitas Dan Hasil Pembelajaran

Latar Belakang Masalah Kualitas Pembelajaran Tematik

Sekolah Dasar Negeri Banjarsari 2 Kecamatan Gajah, Kabupaten Demak, merupakan Sekolah Dasar Negeri yang saat ini berusaha keras untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui berbagai upaya, yang salah satunya adalah menerapkan pembelajaran tematik, yaitu pembelajaran yang berdasarkan tema-tema tertentu. Penerapan pembelajaran tematik di Sekolah Dasar Negeri Banjarsari 2, dirasa penting karena peserta didik mampu mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar mata pelajaran dalam tema yang sama. Pemahaman materi lebih terkesan dan mendalam. Peserta didik mampu melihat hubungan yang bermakna antar mata pelajaran dan pembelajaran menjadi utuh sehingga peserta didik akan mendapat pengertian mengenai proses dan materi yang tidak terpecahpecah.

Terkait dengan permasalahan di atas, maka dalam penelitian ini akan dikaji implementasi pembelajaran tematik di SD Negeri Banjarsari 2, Kecamatan Gajah, Kabupaten Demak, dengan judul: “Implementasi Pembelajaran Tematik Dalam Meningkatkan Kualitas Dan Hasil Pembelajaran Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri Banjarsari 2, Kecamatan Gajah, Kabupaten Demak ”.

 

Perumusan Masalah

  1. Bagaimana implementasi pembelajaran tematik dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas 1 Sekolah Dasar Negeri Banjarsari 2 di Kecamatan Gajah, Kabupaten Demak?
  2. Bagaimana pembelajaran tematik dapat meningkatkan hasil pembelajaran di kelas 1 Sekolah Dasar Negeri Banjarsari 2 di Kecamatan Gajah, Kabupaten Demak?
  3. Bagaimana cara mengatasi kendala dalam melaksanakan model pembelajaran tematik di kelas 1 Sekolah Dasar Negeri Banjarsari 2 di Kecamatan Gajah, Kabupaten Demak?

 

Tinjauan Pustaka

Peserta didik/ siswa sekolah dasar pada kelas-kelas awal memandang dirinya sebagai pusat lingkungan yang merupakan suatu keseluruhan atau totalitas yang belum jelas unsur-unsurnya, dengan pemaknaan yang bersifat holistik yang berangkat dari hal-hal yang kongkrit.

Tujuan pembelajaran merupakan salah satu aspek yang perlu dipertimbangkan dalam merencanakan pembelajaran. Keuntungan yang dapat diperoleh melalui penuangan tujuan pembelajaran tersebut adalah sebagai berikut (Hamzah B. Uno, 2007: 34):

  • Waktu mengajar dapat dialokasikan dan dimanfaatkan secara tepat.
  • Pokok bahasan dapat dibuat seimbang, sehingga tidak ada materi pelajaran yang dibahas terlalu mendalam atau terlalu sedikit.
  • Guru dapat menetapkan berapa banyak materi pelajaran yang dapat atau sebaiknya disajikan dalam setiap jam pelajaran.

Pengertian Pembelajaran Tematik

Pembelajaran tematik adalah pembelajaran yang dirancang berdasarkan tema-tema tertentu. Dalam pembahasannya tema itu ditinjau dari berbagai mata pelajaran. Pembelajaran tematik menyediakan keluasan dan kedalaman implementasi kurikulum, menawarkan kesempatan yang sangat banyak pada siswa untuk memunculkan dinamika dalam pendidikan. Penetapan pendekatan tematik dalam pembelajaran di kelas rendah oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) ini tidak lepas dari perkembangan akan konsep pembelajaran terpadu.

Menilik perkembangan konsep pendekatan terpadu di Indonesia, pada saat ini model pembelajaran yang dipelajari dan berkembang adalah model pembelajaran terpadu yang dikemukakan oleh Fogarty.

 

Metodelogi Penelitian

Lokasi penelitian adalah SD Negeri Banjarsari 2 Kecamatan Gajah Kabupaten Demak.

Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi.

 

Kesimpulan

  1. Perencanaan pembelajaran tematik yang diterapkan di Sekolah Dasar Negeri Banjarsari 02 Kecamatan Gajah Kabupaten Demak mengacu pada model pembelajaran tematik yang dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Dalam model tematik yang digunakan dilakukan dengan langkah-langkah: Pemetaan Kompetensi Dasar, Penentuan tema, Menetapkan Jaringan Tema, Penyusunan Silabus, Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
  2. Peningkatan hasil belajar pada pembelajaran tematik disebabkan adanya desain pembelajarannya. Persiapan yang matang, dan pelaksanaan yang baik. Kemampuan guru dalam mendesain pembelajaran sebagai koreksi terhadap hasil yang pernah dilakukan merupakan pengalaman yang sangat berharga untuk kegiatan pembelajaran berikutnya sehingga dapat memberikan peningkatan hasil seperti yang diharapkan. Selain itu peningkatan hasil belajar tersebut tidak lepas dari ketepatan pendekatan pembelajaran yang digunakan oleh guru.
  3. Untuk mengatasi kendala yang dihadapi untuk meningkatkan hasil belajar yang efektif adalah belajar sambil praktek langsung. Untuk mengatasi kesulitan dalam menyusun RPP guru dikumpulkan dalam suatu pertemuan (kegiatan Pusat Sumber Belajar Guru) kemudian secara bersama-sama menyusun, merancang pembelajaran yang menjadi persoalan dalam pembelajaran.