Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Implementasi Pembelajaran Seni Budaya (Seni Musik)

Latar Belakang Masalah Teknik Belajar Seni Musik Dalam Seni Budaya

Dalam kerangka dasar kurikulum, seni budaya merupakan kelompok mata pelajaran estetika yang dimaksudkan untuk meningkatkan sensivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmoni.

Jika diamati berdasarkan kerangka dasar kurikulum tersebut di atas, seni budaya merupakan mata pelajaran yang sangat berperan dalam pembentukan karakter bangsa. Melalui pembelajaran seni budaya, siswa akan mampu mengembangkan pengetahuan dalam kehidupan di lingkungan masyararakat mereka berada. Lebih dari itu siswa akan mampu mengembangkan kebudayaan yang pada akhirnya dapat menghargai orang lain seperti menghargai dirinya sendiri. Siswa pada hakikatnya merupakan bagian dari manusia yang memiliki kebutuhan hidup yang sangat kompleks.

 

Rumusan Masalah

  1. Bagaimanakah perencanaan pembelajaran Seni Budaya (Seni Musik) di SMP Negeri 1 Ampel Boyolali?
  2. Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran Seni Budaya (Seni Musik) di SMP Negeri 1 Ampel Boyolali?
  3. Bagaimana hasil yang dicapai dalam pelaksanaan pembelajaran Seni Budaya (Seni Musik) di SMP Negeri 1 Ampel Boyolali?

 

Kajian Teori

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003 Bab I Pasal 1 ayat (20) menyatakan bahwa: “Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar”.  kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

  • Strategi, Metode, Teknik, dan Taktik Pembelajaran

Upaya untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal, maka ini yang dinamakan metode.

  • Pembelajaran Seni Budaya (Seni Musik)

Dalam struktur kurikulum, seni budaya merupakan salah satu mata pelajaran yang berdiri sendiri yang mencakup beberapa muatan seni, antara lain: seni rupa, seni musik, seni tari, dan seni teater. Diantara empat cabang seni tersebut memiliki karakter yang berbeda satu sama lainnya, baik dalam mengekspresikan maupun mengapresiasikannya.

  • Proses Pembelajaran Seni Budaya (Seni Musik)

Mata pelajaran Seni Budaya (Seni Musik) memiliki keunikan atau kekhasan yang membedakan dengan mata pelajaran lainnya. Mata pelajaran Seni Budaya (Seni Musik) mencakup materi teori dan praktek.

 

Metodelogi Penelitian

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptifnaturalistik.

Data dalam penelitian ini diambil dari SMP Negeri 1 Ampel Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012.

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik:

  1.  Wawancara mendalam (in-depth-interviewing),
  2. Observasi,
  3. Mengkaji dokumen.

Untuk menguji keterpercaan data menggunakan:

  1. Triangulasi,
  2. Perpanjangan keikut-sertaan,
  3. Kecukupan referensi.

 

Kesimpulan

  1. Perencanaan Pembelajaran Seni budaya (Seni Musik) di SMP Negeri 1 Ampel Boyolali

Sebelum melaksanakan pembelajaran guru mata pelajaran seni budaya (seni musik) membuat persiapan pembelajaran dengan menyusun perangkat pembelajaran secara lengkap. Mulai dari rincian minggu efektif, alokasi waktu pembelajaran, silabus, kriteria ketuntasan minimal, dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).Semuanya itu mengacu pada kurikulum dan kalender pendidikan yang berlaku.

  1. Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya (Seni Musik) di SMP Negeri 1 Ampel Boyolalai

Inti proses kegiatan pembelajaran adalah siswa belajar. Belajar dapat berhasil dengan baik, jika dilakukan secara aktif dan interaktif. Maka sangat diperlukan strategi, metode, teknik maupun taktik pembelajaran oleh seorang guru dalam proses pembelajaran.

  1. Hasil yang dicapai dalam pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni musik) di SMP Negeri 1 Ampel Boyolali.
  2. Secara formal, hasil pembelajaran musik berupa nilai hasil belajar yang ratarata telah melampaui kriteria ketuntasan minimal (KKM) sehingga dapat digunakan sebagai prasarat kenaikan kelas bagi siswa kelas VII dan VIII, dan kelulusan sekolah bagi kelas IX.
  3. Yang berkaitan dengan skill, kompetensi siswa SMP Negeri 1 Ampel mampu bersaing dengan sekolah lain. Hal ini dapat ditunjukkan melalui lomba atau festival seni di tingkat kecamatan maupun kabupaten dapat meraih kejuaraan.

Incoming search terms: