Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Implementasi Pembelajaran Ekonomi di Sekolah Kategori Mandiri

Masalah Pembelajaran Ekonomi Untuk Rintisan Sekolah Kategori Mandiri

Dengan program RSKM diharapkan upaya pemerintah untuk memperbaiki kegiatan-kegiatan pelaksanaan pembelajaran dapat dipenuhi melalui kegiatan penyempurnaan standar isi dan standar proses pendidikan yang diimplementasikan ke semua mata pelajaran termasuk pelajaran ekonomi. Pelaksanaan Program RSKM dilaksanakan kegiatan penyusunan silabus, penyusunan rencana pembelajaran, penyusunan bahan ajar, penyusunan pedoman analisis penilaian, serta penyusunan program remidial berkelanjurtan untuk berbagai mapel termasuk mapel ekonomi yang terencana diharapkan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang terdapat pada masing-masing mata pelajaran.

Penyusunan program-program pembelajaran tersebut melibatkan sebagian besar guru yang ada sehingga semua guru mata pelajaran ekonomi diharapkan dapat mendesain kegiatan pembelajaran mulai dari penyusunan silabus, penyusuanan rencana program pembelajaran, menyiapkan bahan ajar, menyampaikan materi pembelajaran, sampai melaksanakan kegiatan evalusi, serta melaksanakan analisis hasil penilaian dan melaksanakan remidial yang berkelanjutan. Penyusunan program yang dilakukan oleh guru-guru berpedoman pada KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) sehingga kompetensi yang diajarkan disesuaikan dengan potensi yang ada tempat itu.

Perumusan Masalah

SMA 1 Bae Kudus merupakan Sekolah Menengtah Tingkat Atas di Kabupaten Kudus, mulai tahun pelajaran 2007/2008 ditunjuk sebagai Rintisan Sekolah Kategori Mandiri (SKM) bersama sekolah lain di Indonesia. Berdasarkan.latar belakang di atas, dapat dirumuskan permasalahan dalam penelitian ini sebagai berikut :

  1. Bagaimana implementasi pembelajaran Ekonomi di SMA 1 Bae sebagai Rintisan Sekolah Kategori Mandiri?
  2. Kendala apa yang dialami dalam implementasi pembelajaran ekonomi di SMA 1 Bae sebagai Rintisan Sekolah Kategori Mandiri?
  3. Usaha-usaha yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam implementasi Pembelajaran Ekonomi di SMA 1 Bae Kudus sebagai Rintisan Sekolah Kategori Mandiri?

Landasan Teori Pembelajaran

  1. Perencanaan Pembelajaran

Rancangan kegiatan pembelajaran (RKP) adalah seperangkat tulisan yang berisi rencana pembelajaran dan praktikum dari guru atau tenaga pengajar dalam memberikan pelajaran atau praktikum.

  1. Implementasi Pembelajaran Ekonomi Di Rintisan Sekolah Kategori Mandiri

Kegiatan pembelajaran ekonomi menurut standart isi dari Permendiknas No. 22/2006 tanggal 23 Mei 2006, sesuai kurikulum pembelajaran yang ada di SMA pembelajaran ekonomi berada pada kelas X, kelas XI IPS dan Kelas XII IPS.

Model pembelajaran cooperative learning yang sering digunakan antara lain :

  • Kelompok Siswa Berprestasi
  • Pendekatan Model Teka-Teki
  • Investigasi Kelompok
  • Pertukaran Tiga Putaran
  • Meringkas Kelompok
  • Metode penelitian.

Metode Penelitian

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di SMA 1 Bae Kudus dengan subjek penelitian guru-guru ekonomi dalam melaksanakan pembelajaran ekonomi. Semua guru ekonomi menjadi subjek penelitian ini.

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara mendalam, observasi dan analisis dokumen. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan. Peneliti mengumpulkan data sambil melakukan kegiatan analisis sampai penarikan simpulan.

Untuk menjamin keabsahan data, peneliti menggunakan validitas triangulasi sumber yaitu membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui waktu dan alat yang berbeda.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil dari data yang ditemukan di lapangan dan analisis perbadingan antara teori dengan temuan di lapangan memberikan jawaban atas permasalahan yang disampaikan pada penelitian ini, sehingga bertolak dari hasil temuan dan pembahasan secara ringkas dapat disimpulkan sebagai berikut:

  1. Implementasi pembelajaran ekonomi di SMA 1 Bae Kudus sebagai Rintisan Sekolah Kategori Mandiri (RSKM) menggunakan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP).
  2. Kendala–kendala dalam implementasi pembelajaran ekonomi di SMA 1 Bae Kudus sebagai Rintisan Sekolah Kategori Mandiri meliputi: belum terpenuhinya secara maksimal delapan standar Nasional Pendidikan yang meliputi : a. Standar Kelulusan, b. Standar isi, c. Standar proses, d. Standart pengelolaan, e. Standar sarana dan prasarana, f. Standar pendidik dan tenaga kependidikan, g. Standar penilaian, h. Standar pembiayaan.