Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Implementasi Pelaksanaan Pembiayaan Murobahah Di Bank Syariah Mandiri

Latar Belakang Murobahah Di Bank Syariah

Globalisasi yang terjadi di berbagai bidang memberikan dampak yang sangat berarti terhadap perkembangan pola hidup masyarakat seluruh belahan dunia. Termasuk Indonesia juga mengalami dampak dari adanya peroses globalisasi dalam berbagai bidang kehidupan. Perkembangan perekonomian dan perdagangan merupakan salah satu bidang kehidupan yang megalami dampak dari perkembangan globalisasi kehidupan. Tuntutan pasar global yang berdampak pada persaingan yang semakin ketat ini membawa pada perubahan terhadap peningkatan efektifitas dan efisiensi dalam pola produksi.

Perkembangan ini juga memberikan konsekuensi terhadap munculnya alat pembayaran yang lebih efisien dan efektif. Selain perkembangan tersebut memberikan dampak positif terhadap perkembangan system ekonomi di mana pasar keuangan dunia menjadi semakin terintegrasi yang dapat berakibat pada semakin mudahnya pergerakan arus lalu lintas modal, maka akan disertai dengan semakin ketatnya persaingan di dunia internasional. Kondisi ini selain menguntungkan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi juga akan dapat meningkatkan kerentanan perekonomian nasional yang disebabkan karena pergerakan arus modal tersebut. Untuk itu perlu dibutuhkan upaya yang dapat menekankan landasan perekonomian yang kuat melalui strategi pembangunan yang tepat dalam mewujudkan perekonomian nasional melalui perekonomian kerakyatan.

Perumusan Masalah

Berdasarkan uraian latar belakang masalah di ata, maka dalam penelitian ini dapat dirumuskan permasalahan yang hendak dibahas dalam penelitian ini yaitu :

  1. Bagaimanakah pelaksanaan pemberian pembiayaan Murobahah oleh Bank Syariah Mandiri Cabang Solo ditinjauan dari Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah?
  2. Bagaimana kendala yang dihadapai dalam pelaksanaan pembiayaan Murabahah yang ada di Bank Syariah Mandiri Cabang Solo sesuai Dengan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah?

Landasan Teori Murobahah Di Bank Syariah

  1. Bank

Menurut Pasal 1 Undang-Undang No 10 Tahun 1998 Tentang Perubahan Undang-Undang No. 7 Tahun 1992 Tentang Perbankan, menerangkan bahwa bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan/ atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak

  1. Jenis-Jenis Bank

Ada Beberapa jenis-jenis Bank meliputi :

  • Formalitas berdasarkan undang-undang, terdiri dari :
    1. Bank Umum
    2. Bank Perkreditan Rakyat
  • Jenis bank berdasarkan kepemilikannya
  • Jenis bank berdasarkan penekanan kegiatannya

Metode Penelitian

Jenis penelitian ini bersifat deskriptif yang memberikan data yang seteliti mungkin tentang keadaan objek penelitian, keadaan atau gejala-gejala lainnya. Sedangkan berdasarkan dari sudut bentuknya penelitian ini adalah penelitian evaluatif.

Penelitian ini menggunakan konsep hukum kedua, yaitu adalah norma-norma di dalam sistem perundang-undangan.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pada dasarnya konsep pembiayaan murabahah adalah salah satu bentuk jual beli dimana pada saat penjual menyatakan biaya perolehan barang yang akan dijualnya dan menjual kepada orang lain dengan menambahkan tingkat keuntungan yang diinginkan.