Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah untuk Peningkatan Prestasi

Latar Belakang Masalah Program Peningkatan Prestasi

Sekolah Dasar Negeri Balerejo 1 Kecamatan Dempet Kabupaten Demak, memiliki prestasi yang cukup baik, sebagai juara lomba baca puisi tingkat nasional, keberhasilan tersebut tentunya tidak lepas dari pengelolaan sekolah yang dilakukan oleh kepala sekolah beserta guru yang baik. Dengan adanya prestasi tersebut menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah di Sekolah Dasar Negeri Balerejo 1 Kecamatan Dempet Kabupaten Demak berjalan dengan baik. Namun demikian masih terdapat permasalahan yang perlu diperbaiki, antara lain, perencanaan jangka panjang dan menengah perlu di buat, dan dijabarkan dalam visi, misi, dan tujuan. Selain itu berdasarkan pengamatan sementara di lapangan menunjukkan bahwa evaluasi dan monitoring kepala sekolah masih belum berjalan secara rutin.

Terkait dengan permasalahan tersebut di atas, maka dalam penelitian ini, peneliti akan mencoba memotret implementasi manajemen berbasis sekolah dalam rangka peningkatan prestasi sekolah di Sekolah Dasar Negeri Balerejo 1 Kecamatan Dempet Kabupaten Demak.

Rumusan Penelitian

Dari latar belakang permasalahan, dan identifikasi permasalahan tersebut di atas, maka fokus penelitian dalam penelitian ini adalah:

  1. Bagaimana kepala sekolah menyusun rencana kerja dalam upaya mempangaruhi guru dan staf untuk mau bekerja sama agar mau melakukan tindakan dan perbuatan dalam mencapai tujuan bersama di Sekolah Dasar Negeri Balerejo 1 Kecamatan Dempet Kabupten Demak?
  2. Bagaimana kepala sekolah mengimplementasikan rencana kerja di Sekolah Dasar Negeri Balerejo 1 Kecamatan Dempet Kabupten Demak?
  3. Bagaimana kepala sekolah melaksanakan evaluasi dan monitoring terhadap kegiatan di Sekolah Dasar Negeri Balerejo 1 Kecamatan Dempet Kabupten Demak?
  4. Faktor apa yang mendukung dan menghambat kepala sekolah dalam memimpin Sekolah Dasar Negeri Balerejo 1 Kecamatan Dempet Kabupten Demak?

Landasan Teori

  1. Manajemen Berbasis Sekolah

Manajemen berbasis sekolah adalah suatu ide tentang pengambilan keputusan pendidikan yang diletakkan pada posisi yang paling dekat dengan pembelajaran, yakni sekolah.

  1. Kepemimpinan

Sementara R. Soekarto Indrafachrudi (2006: 2) mengartikan “Kepemimpinan adalah suatu kegiatan dalam membimbing suatu kelompok sedemikian rupa sehingga tercapailah tujuan itu”.

Metode Penelitian

Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Balerejo 1, Kecamatan Dempet, Kabupaten Demak. Penelitian dilakukan dalam jangka waktu 8 (delapan) bulan yang berlangsung mulai bulan Pebruari sampai bulan September 2009. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan latar alami (natural setting).

Penelitian ini implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan di Sekolah Dasar Negeri Balerejo 1 Kecamatan Dempet Kabupaten Demak.

Kesimpulan

Penyusunan Perencanaan Rencana Kerja Kepala Sekolah di Sekolah Dasar Balerejo Kecamatan Dempet Kabupaten Demak Kegiatan perencanaan dalam manajemen sekolah di Sekolah Dasar Negeri Balerejo 1 Kecamatan Dempet Kabupaten Demak meliputi :

  1. Sosialisasi dilaksanakan oleh kepala sekolah, guru dan komite sekolah kepada masyarakat melalui pertemuan-pertemuan yang dapat menumbuhkan kesedian tentang peran serta masyarakat dalam memajukan sekolah.
  2. Rapat-rapat yang dilaksanakan oleh kepala sekolah dengan dewan guru.
  3. Rapat-rapat yang dilaksanakan oleh pengurus sekolah.

Implementasi rencana kerja di Sekolah Dasar Balerejo Kecamatan Dempet Kabupaten Demak Pelaksanaan manajemen di Sekolah Dasar Negeri Balerejo 1 Kecamatan Dempet Kabupaten Demak adalah :

  1. Semua pelaksanaaan kegiatan dilakukan secara terbuka dan selalu berkordinasi dengan komite sekolah bahkan dilibatkan baik dalam kegiatan akademik maupun non akademik.
  2. Dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan selalu dibentuk kepanitiaan meskipun pada prakteknya dilakukan secara bersama-sama.

Evaluasi dan Monitoring Yang dilakukan oleh Kepala Sekolah Pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah di Sekolah Dasar Negeri Balerejo 1 Kecamatan Dempet Kabupaten Demak melakukan hal-hal sebagai berikut

  1. Setiap kegiatan selalu dievaluasi
  2. Evaluasi bertujuan untuk mengetahui hasil kegiatan dan sebagi bahan pertimbangan kegiatan diwaktu yang akan datang.
  3. Evaluasi dilaksanakan secara terbuka dalam forum dewan guru.