Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Implementasi Aqidah Tauhid Dalam Pembelajaran IPA Fisika

Latar Belakang Pelaksanaan Aqidah Dalam Belajar Fisika (IPA)

Fisika merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan alam yang  diajarkan di Program RSBI maupun Reguler SMP Al –Islam 1 Surakarta yang dalam satu pekannya sebanyak 3 jam pelajaran. Dalam perjalanannya masih banyak permasalahan yang muncul. Diantaranya adalah berdasarkan hasil Ulangan Harian Bab Atom, Ion dan Molekul, yaitu target Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) mata pelajaran IPA 6,8 belum dapat tercapai 100 %. Diantara faktor faktor penyebabnya adalah metode penyampaian materi di atas masih menggunakan metode ceramah dimana guru menjelaskan materi sedangkan siswa lebih banyak hanya mendengar dan memperhatikan untuk berusaha memahami materi. Selain itu secara umum perkembangan siswa dalam pembentukan karaktek yang kuat dengan akhlak mulia dan kepribadian yang baik seperti kemampuan saling bekerjasama dalam sebuah tim, jauh dari rasa egois-individualistis, saling menghormati dan saling pengertian masih dan lain sebagainya masih tergolong rendah. Di saat yang sama pemahaman aqidah tauhid tentang keimanan dan ketaqwaan kepada Allah yang disampaikan dalam pembelajaran IPA Fisika juga masih kurang. Demikian pula selama ini, materi IPA Fisika lebih banyak disampaikan dengan model pembelajaran konvensional ceramah. Oleh karenanya dengan latar belakang

permasalah yang komplek di atas, penulis bermaksud melakukan penelitian di SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012 semester Gasal dengan materi Gaya dan hukum Newton. Melalui implementasi aqidah tauhid dalam pembelajara IPA Fisika dengan metode pembelajaran kooperatif Jigsaw dan STAD diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar dalam meraih prestasi yang optimal dan sekaligus meningkatkan karakter siswa yang kuat.

Perumusan Masalah

  1. Apakah ada pengaruh implementasi aqidah tauhid dalam pembelajaran IPA Fisika dengan metode kooperatif Jigsaw dan STAD terhadap prestasi belajar siswa?
  2. Apakah ada pengaruh motivasi belajar tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar siswa?

Kajian Teori

  1. Belajar

Belajar dalam kamus bahasa Indonesia secara etimologis memiliki arti ”berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu”. Dengan demikian dapat diartikan bahwa belajar adalah suatu proses dari aktivitas tertentu untuk mendapatkan pengetahuan.

  1. Pembelajaran

Dalam UUSPN No. 20 tahun 2003 menyatakan “pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar”.

  1. Pembelajaran antara Model, Pendekatan, Strategi, Metode, & Teknik Model pembelajaran pada dasarnya merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh pendidik. Dengan kata lain, model pembelajaran merupakan bungkus atau bingkai dari penerapan suatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran. Model pembelajaran harus berdasarkan Teori Belajar.

Metode Penelitian

Penelitian ini menggunakan metode ekperimen dan studi literatur. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 8 kelas.

Sampel penelitian ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas.

Kelas eksperimen 1 dengan metode kooperatif Jigsaw dan kelas eksperimen 2 menggunakan metode kooperatif STAD.

Teknik pengumpulan data dengan metode tes untuk mendapatkan data prestasi belajar kognitif dan angket untuk mendapatkan data motivasi belajar dan karakter siswa.

Uji hipotesis penelitian menggunakan ANAVA tiga jalan dengan desain faktorial 2x2x2 dan frekuensi sel tidak sama.

Kesimpulan

  1. Ada pengaruh implementasi aqidah tauhid dalam pembelajaran IPA Fisika dengan metode kooperatif Jigsaw dan STAD terhadap prestasi belajar kognitif siswa pada Materi Fisika Bab Gaya dan Hukum Newton Kelas VIII di SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012.
  2. Ada pengaruh motivasi belajar tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar kognitif siswa pada Materi Fisika Bab Gaya dan Hukum Newton Kelas VIII di SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012.