Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Iklim Komunikasi Organisasi

Iklim Komunikasi Organisasi – Frase seatu iklim komunikasi organisasi menggambarkan kiasan iklim fisik seperti cuaca membentuk iklim fisik, cara orang berinteraksi terhadap aspek organisasi yang akan menciptakan suatu iklim komunikasi.

Pernyataan Redding (1972) yang dikutip oleh R.Wayne Pace & Don F. Faules menyebutkan bahwa:

iklim (komunikasi) organisasi jauh lebih penting daripada ketrampilan atau teknik-teknik komunikasi semata-mata dalam menciptakan suatu organisasi yang efektif.

Atasan harus memperhatikan iklim organisasi dengan sungguh-sungguh, karena faktor tersebut akan mempengaruhi tingkah laku para  karyawan, sehingga harus dipahami dipahami iklim organisasi dan iklim komunikasi organisasi dan keadaan para karyawan.

Iklim komunikasi dalam sebuah organisasi akan mempengaruhi tingkah laku karyawan, dari cara karyawan berinteraksi dan berkomunikasi. Iklim komunikasi organisasi yang baik dapat mendorong karyawan untuk bekerja dengan baik dan bersemangat dalam menyelesaikan pekerjaannya di organisasi.

Iklim komunikasi organisasi sebagai kualitas pengalaman dari karyawan organisasi yang objektif, mencakup persepsi karyawan organisasi terhadap pesan serta hubungan pesan dengan kejadian di organisasi.

Iklim komunikasi yang baik akan menciptakan komunikasi yang lancar dalam organisasi dan sebaliknya, jika iklim komunikasi buruk dalam organisasi, akan membuat karyawan dalam berkomunikasi tidak memiliki suasana yang baik dan tidak dapat menciptakan proses komunikasi yang lancar antara sesama atau semua karyawan dalam organisasi, sehingga akan berdampak buruk pada perubahan organisasi dan kinerja karyawan.