Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Hubungan Residu Lambung dgn Gangguan Fungsi Jantung

Judul Skripsi : Hubungan Residu Lambung dengan Gangguan Fungsi Jantung pada Neonatus Beresiko Sepsis

A. Latar Belakang Masalah

Adanya gangguan fungsi jantung pada sepsis akan mempengaruhi peredaran darah sistemik, terjadi hipoperfusi sistem splanknikus dan mesenterika yang berdampak gangguan sistem pencernaan, termasuk hipoperistaltik keterlambatan waktu pengosongan lambung dan bermanifestasi sebagai adanya residu lambung (Neu, 2007; Burns, 2009).

Hal ini belum banyak diteliti pada bayi dan anak di luar negeri maupun di Indonesia, penelitian sebelumnya banyak mengambil subyek pada dewasa, berdasarkan hal ini, peneliti ingin mencoba untuk menganalisis bagaimanakah mekanisme yang terjadi pada bayi dengan risiko sepsis khususnya yang dirawat di Rumah Sakit Dr. Moewardi Surakarta.

 

B. Rumusan Masalah

Adakah hubungan residu lambung dengan gangguan fungsi jantung pada neonatus berisiko sepsis?

 

C. Tujuan Penelitian

Tujuan umum

Menganalisis hubungan antara residu lambung dengan gangguan fungsi jantung pada neonatus berisiko sepsis.

Tujuan khusus

  1. Mengidentifikasi volume residu lambung sebagai indikator intoleransi asupan pada neonatus berisiko sepsis.
  2. Menilai adanya gangguan fungsi jantung (sistolik dan distolik) pada neonatus dengan sepsis

 

D. Simpulan

Dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat hubungan antara kejadian residu lanbung dengan gangguan fungsi jantung pada neonatus berisiko sepsis, sehingga residu lambung dapat digunakan sebagai penanda awal untuk kemungkinan adanya gangguan fungsi jantung pada neonatus berisiko sepsis.

 

E. Saran

Berdasarkan penelitian ini sebaiknya dilakukan pemeriksaan residu lambung pada neonatus berisiko sepsis yang dirawat di ruang intensif khusus untuk menilai toleransi minum dan kapasitas lambung neonatus dalam keadaan sepsis serta pelacakan gangguan fungsi jantung dengan pemeriksaan ekokardiografi dalam upaya diagnosis dan penatalaksanaan dini sepsis neonatus secara cermat dan tepat.

 

 

Incoming search terms: