Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Hubungan Prestasi Belajar Mahasiswa dengan Tipe Pola Asuh Keluarga

Latar Belakang Masalah Pengaruh Pola Asuh Keluarga Terhadap Prestasi Mahasiswa

Prestasi belajar Mahasiswa tidak hanya ditentukan oleh salah satu faktor tetapi banyak faktor yang mempengaruhi, faktor keluarga meliputi pola asuh keluarga bagaimana keluarga menerapkan pola asuh tersebut pada mahasiswa sehingga bisa mencapai prestasi belajar yang diharapkan. dibutuhkan pemahaman keluarga bahwa pola asuh yang ditanamkan mulai balita sampai dewasa akan membentuk kebiasaan dan kepribadian yang melekat yang ikut menentukan keberhasilan dalam meraih prestasi belajar yang maksimal.

Berdasarkan latar belakang di atas peneliti ingin mengetahui apakah terdapat hubungan antara prestasi belajar mahasiswa Program DIII Keperawatan dengan Tipe pola asuh keluarga.

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, perumusan masalah dalam penelitian ini adalah :

  1. Apakah terdapat hubungan antara prestasi belajar mahasiswa program DIII Keperawatan dengan tipe pola asuh keluarga?
  2. Apakah terdapat perbedaan prestasi belajar mahasiswa program DIII Keperawatan menurut tipe pola asuh keluarga?
  3. Apakah terdapat perbedaan prestasi belajar mahasiswa program DIII keperawatan pada masing–masing pasangan tipe pola asuh keluarga?

Tujuan Penelitian

  • Tujuan Umum

Mengetahui hubungan Prestasi belajar Mahasiswa Program D III Keperawatan dengan Tipe Pola asuh Keluarga

  • Tujuan Khusus
  1. Mengetahui hubungan antara prestasi belajar mahasiswa program DIII Keperawatan dengan tipe pola asuh keluarga
  2. Mengetahui perbedaan prestasi belajar mahasiswa program DIII Keperawatan menurut tipe pola asuh keluarga
  3. Mengetahui perbedaan prestasi belajar mahasiswa program DIII keperawatan pada masing–masing pasangan tipe pola asuh keluarga

Kesimpulan

Analisis dari data penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa :

  1. Hasil analisis erdapat hubungan antara prestasi belajar mahasisawa Akademi Kesehatan Rajekwesi Program DIII Keperawatan dengen type pola asuh keluarga demokratis, dengan keeratan korelasi sangat lemah dengan nilai signifikan 0,04
  2. Tidak terdapat hubungan antara prestasi belajar mahasisawa Akademi Kesehatan Rajekwesi Program DIII Keperawatan dengan type pola asuh keluarga penelantar.
  3. Tidak Terdapat hubungan antara prestasi belajar mahasisawa Akademi Kesehatan Rajekwesi Program DIII Keperawatan dengen type pola asuh keluarga otoriter.
  4. Tidak Terdapat hubungan antara prestasi belajar mahasisawa Akademi Kesehatan Rajekwesi Program DIII Keperawatan dengen type pola asuh keluarga permisif.
  5. Tidak terdapat hubungan antara prestasi belajar dengan type pola asuh keluarga gabungan, peniliti tidak mengidentifikasi type pola asuh gabungan yang berhubungan dengan prestasi belajar.
  6. Secara keseluruhan bahwa prestasi belajar pada mahasiswa Akademi Kesehatan Rajekwesi Bojonegoro tidak banyak dipengaruhi oleh penerapan pola asuh keluarga

Saran

Berdasarkan temuan–temuan penelitian ini, sejumlah saran diberikan untuk meningkatkan prestasi belajar :

  1. Bagi mahasiswa

Diharapkan mahasiswa lebih meningkatkan prestasi belajar agar prestasi yang tadinya memuaskan menjadi sangat memuaskan dari predikat sangat memuaskan menjadi predikat dengan pujian.

  1. Bagi orang tua

Diharapkan turut mempertahankan dan meningkatkan prestasi belajar belajar putra- putrinya dengan cara: memberi fasilitas belajar yang memadai, selalau memantau perkembangan prestasi belajar anakmemberikan hadiah pada anak jika mampu berprestasi dengan baik , dan tidak memaksakan kehendak kepada anak namun sebaiknya memberi kesempatan pada anak untuk belajar mengambil keputusan yang tepat secara mandiri.