Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Hubungan Pengetahuan dan Sikap dgn Status Kesehatan Gigi pada Anak

Judul Skripsi : Hubungan Pengetahuan dan Sikap dengan Status Kesehatan Gigi pada Anak Usia Sekolah Dasar di Wilayah Kerja Puskesmas Sawit I

A. Latar Belakang Masalah

Pengetahuan dan sikap saling mewarnai dan saling terkait dalam terbentuknya kemampuan untuk melakukan suatu perilaku tertentu. Perubahan pengetahuan akan mempengaruhi sikap dan kemampuan dalam melaksanakan perilaku, sehingga tanpa disadari dengan berubahnya salah satu komponen tersebut, maka berubah pula kemampuan seseorang untuk melaksanakan praktik tertentu (Santoso, 2004). Dengan demikian kemampuan anak usia sekolah tahun dipengaruhi oleh pengetahuan dan sikap tentang kesehatan gigi dan mulut.

Berdasarkan hasil laporan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut pada kegiatan UKGS di wilayah kerja Puskesmas Sawit I diketahui bahwa siswa yang memiliki gigi berlubang yaitu sekitar 86,3% sedangkan murid yang giginya tidak berlubang yaitu sekitar 13,7%. Sebagian besar murid yang memiliki gigi berlubang mengatakan bahwa mereka kurang mengerti cara menjaga kesehatan gigi.

 

B. Rumusan Masalah Skripsi

Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut: “Apakah ada hubungan antara pengetahuan dan sikap dengan status kesehatan gigi pada anak usia sekolah dasar di wilayah kerja Puskesmas Sawit I?”

 

C. Tujuan Penelitian

Tujuan umum

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pengetahuan dan sikap dengan status kesehatan gigi pada anak usia sekolah dasar di wilayah kerja Puskesmas Sawit I.

Tujuan khusus

  1. Mendeskripsikan status kesehatan gigi dan mulut pada anak usia sekolah dasar di wilayah kerja Puskesmas Sawit I.
  2. Untuk menganalisis hubungan pengetahuan dengan status kesehatan gigi pada anak usia sekolah dasar di wilayah kerja Puskesmas Sawit I.
  3. Untuk menganalisis hubungan sikap dengan status kesehatan gigi pada anak usia sekolah dasar di wilayah kerja Puskesmas Sawit I.

 

D. Kesimpulan

Penelitian ini menarik beberapa kesimpulan:

  1. Status kesehatan gigi dan mulut pada anak usia sekolah dasar di wilayah kerja Puskesmas Sawit I adalah rata-rata Decay, Missing, Filling Teeth (DMF-T) = 2,18, rata-rata Performance Treatment Index (PTI) = 48,84% (baik) rata-rata Oral Hygiene Index Simplified (0HI-S) = 1,59 (sedang).
  2. Terdapat hubungan yang negatif dan secara statistik signifikan antara pengetahuan kesehatan gigi dengan Decay, Missing, Filling Teeth (r = -0,37; p = 0,034).
  3. Terdapat hubungan yang positif dan secara statistik signifikan antara pengetahuan kesehatan gigi dengan PTI (r = 0,46; p = 0,007)
  4. Terdapat hubungan yang negatif dan secara statistik signifikan antara pengetahuan kesehatan gigi dengan Oral Hygiene Index Simplified (r = -0,34; p = 0,050)
  5. Terdapat hubungan yang negatif dan secara statistik signifikan antara sikap kesehatan gigi dengan Decay, Missing, Filling Teeth (r = -0,63; p = 0,001).
  6. Terdapat hubungan yang positif dan secara statistik signifikan antara sikap kesehatan gigi dengan PTI (r = 0,56; p = 0,001)
  7. Terdapat hubungan yang negatif dan secara statistik signifikan antara sikap kesehatan gigi dengan Oral Hygiene Index Simplified (r = -0,47; p = 0,006)