Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Hubungan Motivasi Belajar dan Hasil Tes Intelegensi dgn Prestasi Belajar

Judul Skripsi : Hubungan Motivasi Belajar dan Hasil Tes Intelegensi dengan Prestasi Belajar

A. Latar Belakang Masalah Skripsi

Banyak siswa dan atau mahasiswa gagal atau tidak mendapat hasil yang baik dalam pengajarannya karena mereka tidak mengetahui cara-cara belajar yang efektif. Mereka kebanyakan hanya mencoba menghafal pelajaran. Seperti diketahui belajar itu snagat kompleks. Belum diketahui segala seluk beluknya. Hasil belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor. Kecakapan dan ketangkasan belajar berbeda secara individual. Ini tidak berarti bahwa mengenal petunjuk-petunjuk itu dengan sendirinya akan menjamin sukses siswa. Sukses hanya tercapai berkat usaha keras. Tanpa usaha tak akan tercapai sesuatu. Pandangan seseorang tentang belajar akan mempengaruhi tindakan–tindakan yang berhubungan dengan belajar, dan setiap orang mempunyai pandangan yang berbeda tentang belajar (Slameto, 2003: 2). Di Prodi Analis Kesehatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surabaya, ada beberapa anak yang masuk ke jurusan ini bukan karena inisiatif sendiri. Ada berbagai alasan kenapa mereka mengambil jurusan tersebut, salah satunya karena permintaan dari orang tua siswa. Mahasiswa yang masuk dijurusan analis kesehatan beberapa adalah siswa dari SMU negeri, yang nilai prestasinya lumayan bagus, dan nilai bagus identik dengan cerdas tapi waktu menjadi mahasiswa analis kesehatan FIKUM Surabaya nilai prestasi mereka menurun.

Dari beberapa pernyataan diatas maka penulis tertarik untuk mengambil judul “ Hubungan Motivasi Belajar dan Hasil Tes Intelegensi dengan Prestasi Belajar”.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Adakah hubungan positif motivasi belajar dan hasil tes intelegensi dengan prestasi belajar siswa prodi analis kesehatan FIK UMSurabaya?
  2. Adakah hubungan positif motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa prodi analis kesehatan FIK UMSurabaya?
  3. Adakah hubungan positif hasil tes intelegensi dengan prestasi belajar siswa prodi analis kesehaan FIK UMSurabaya?

 

C. Tujuan Penelitian

  1. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan positif motivasi belajar dan hasil tes intelegensi dengan prestasi belajar siswa prodi analis kesehatan FIK UMSurabaya?
  2. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan positif motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa prodi analis kesehatan FIK UMSurabaya?
  3. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan positif hasil tes intelegensi dengan prestasi belajar siswa prodi analis kesehatan FIK UMSurabaya?

 

D. Kesimpulan

Penelitian ini menyimpulkan ada hubungan positif antara motivasi belajar dengan prestasi belajar artinya semakin tinggi hasil motivasi belajar semakin baik pula prestasi belajar yang dicapai (p= 0,012 dengan taraf signifikansi 5%). Demikian pula dengan hubungan antara hasil tes intelegensi dengan prestasi belajar artinya semakin tinggi tes intelegensi semakin baik pula hasil prestasi belajar (p= 0,000 dengan taraf signifikansi 5%). Hasil statistik juga menunjukkan jika kedua variabel bebas yaitu motivasi dan hasil tes intelegensi dilakukan bersamaan memberikan sumbangan sebesar 43,3% (R Square) terhadap prestasi belajar.