Hubungan Minat dan Motivasi dgn Prestasi Belajar Semester Pendek

Judul Skripsi : Hubungan Minat dan Motivasi dengan Prestasi Belajar Semester Pendek Mata Kuliah Keperawatan Anak II di Stikes Muhammadiyah Lamongan

 

A. Latar Belakang Masalah

Motivasi belajar tidak timbul secara tiba-tiba/spontan, melainkan timbul akibat dari partisipasi, pengalaman dan kebiasaan waktu balajar. Motivasi belajar akan selalu berkaitan dengan kebutuhan dan keinginan. Oleh karena itu, yang terpenting dalam memberikan motivasi adalah bagaimana menciptakan kondisi tertentu agar mahasiswa selalu butuh dan ingin terus belajar. Terdorong oleh kerangka pemikiran di atas, muncul ketertarikan untuk mengetahui hubungan minat dan motivasi dengan prestasi belajar pada semester pendek mata kuliah keperawatan anak II di STIKES Muhammadiyah Lamongan. Penelitian yang relevan perlu dilakukan untuk menjawab ketertarikan tersebut. Dengan demikian, proses peningkatan prestasi belajar mahasiswa dapat dilakukan dalam koridor yang tepat.

 

B. Rumusan Masalah Skripsi

Masalah yang diharapkan dapat diselesaikan dengan penelitian ini adalah sebagai berikut :

  1. Adakah hubungan minat dengan prestasi belajar mahasiswa pada semester pendek mata kuliah keperawatan anak II di STIKES muhammadiyah lamongan?
  2. Adakah hubungan motivasi dengan prestasi belajar pada semester pende mata kuliah keperawatan anak II di STIKES muhammadiyah lamongan?
  3. Adakah hubungan minat dan motivasi dengan prestasi belajar pada semester pendek mata kuliah keperawatan anak II di STIKES muhammadiyah lamongan?

 

C. Tujuan Penelitian

Tujuan Umum

Untuk Mengetahui prestasi belajar mahasiswa STIKES muhammadiyah lamongan di tinjau dari minat dan motivasi belajar pada semester pendek mata kuliah keperawatan anak II.

Tujuan Khusus

  1. Mengetahui hubungan minat dengan prestasi belajar mahasiswa pada semester pendek mata kuliah keperawatan anak II di STIKES muhammadiyah lamongan?
  2. Mengetahui hubungan motivasi dengan prestasi belajar pada semester pendek mata kuliah keperawatan anak II di STIKES muhammadiyah lamongan?
  3. Mengetahui hubungan minat dan motivasi dengan prestasi belajar pada semester pendek mata kuliah keperawatan anak II di STIKES muhammadiyah lamongan?

 

D. Kesimpulan

1. Minat mempunyai hubungan yang positif dengan prestasi belajar yang berarti semakin tinggi minat mahasiswa maka semakin tinggi pula nilai prestasi belajar yang dicapai pada semester pendek mata kuliah keperawatan Anak II. Besarnya hubungan minat dengan prestasi belajar adalah sebesar 36,18% dari seluruh hubungan yang diberikan oleh minat dan motivasi. Hal ini berarti hubungan minat dengan prestasi belajar tidak terlalu besar.

2. Motivasi mempunyai hubungan yang positif terhadap prestasi belajar yang berarti semakin tinggi motivasi mahasiswa maka semakin tinggi pula nilai prestasi belajar yang di capai pada semester pendek mata kuliah keperawatan anak II. Besarnya hubungan motivasi dengan prestasi belajar adalaj sebesar 48,59% dari seluruh hubungan yang duberikan oleh minat dan motivasi. Hal ini berarti hubungan motivasi dengan prestasi belajar tidak terlalu besar.

3. Minat mengikuti semester pendek dan motivasi belajar sama-sama mempunyai hubungan yang positif terhadap prestasi belajar, yaitu semakin tinggi minat dan motivasi mahasiswa maka semakin tinggi pula prestasi belajar yang dicapai pada semester pendek mata kuliah keperawatan anak II. Besarnya hubungan yang diberikan oleh minat dan motivasi dengan prestasi belajar adalah 82,7%