Hubungan Kompetensi Dosen dan Fasilitas Belajar dengan Prestasi Belajar Keterampilan

Latar Belakang Masalah Presepsi Dosen Terhadap Fasilitas dan Praktik Belajar Para Mahasiswa

Fasilitas belajar ini sangat menunjang proses belajar mengajar, terutama untuk mahasiswa kebidanan yang kegiatan belajarnya sebagian besar merupakan keterampilan. Sebagian besar mata kuliah pada Program studi D III Kebidanan disampaikan secara teori dan praktek. Praktik dilaksanakan di laboratorium dengan menggunakan phantom dan alat peraga lain.

Prestasi belajar yang masih rendah pada mata kuliah KDPK kemungkinan dipengaruhi oleh kompetensi dosen dan ketersediaan fasilitas belajar mengajar di kampus atau institusi pendidikan. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis tertarik untuk meneliti Hubungan antara persepsi kompetensi dosen dan fasilitas belajar dengan prestasi belajar keterampilan dasar praktik klinik mahasiswa di Akademi Kebidanan Harapan Mulya Ponorogo.

 

Rumusan Masalah

Berdasarkan batasan masalah, maka masalah dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut:

Apakah ada hubungan antara persepsi tentang kompetensi dosen dan fasilitas belajar dengan prestasi belajar keterampilan dasar praktik klinik mahasiswa di Akademi Kebidanan Harapan Mulya Ponorogo?

 

Tujuan Penelitian

  • Tujuan Umum :

Menganalisis hubungan antara persepsi tentang kompetensi dosen dan fasilitas belajar dengan prestasi belajar keterampilan dasar praktik klinik mahasiswa di Akademi Kebidanan Harapan Mulya Ponorogo.

  • Tujuan Khusus :
  1. Menganalisis hubungan antara persepsi tentang kompetensi dosen dengan prestasi belajar keterampilan dasar praktik klinik mahasiswa di Akademi Kebidanan Harapan Mulya Ponorogo.
  2. Menganalisis hubungan antara persepsi tentang fasilitas belajar dengan prestasi belajar keterampilan dasar praktik klinik mahasiswa di Akademi Kebidanan Harapan Mulya Ponorogo.
  3. Menganalisis hubungan antara persepsi tentang kompetensi dosen dan fasilitas belajar dengan prestasi belajar keterampilan dasar praktik klinik mahasiswa di Akademi Kebidanan Harapan Mulya Ponorogo.

 

Kesimpulan Hubungan Kompetensi Dosen dan Fasilitas Belajar dengan Prestasi Belajar Keterampilan

Penelitian ini menarik kesimpulan sebagai berikut:

  1. Terdapat hubungan positif dan secara statistik signifikan antara persepsi kompetensi dosen dengan prestasi belajar (b = 0.15, CI = 95% dari 0.09 hingga 0.22).
  2. Terdapat hubungan positif dan secara statistik signifikan antara persepsi fasilitas belajar dengan prestasi belajar (b = 0.07, CI = 95% dari 0.02 hingga 0.13).
  3. Variabel persepsi kompetensi dosen dan fasilitas belajar mampu menjelaskan 47.8 % dari variabel prestasi belajar mahasiswa (R2 = 47.8%, p < 0.001).

 

Saran untuk Peningkatan Prestasi Belajar Keterampilan

  1. Bagi Akademi Kebidanan Harapan Mulya Ponorogo

Hasil penelitian ini diharapkan mampu menjadi bahan masukan bagi institusi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, memenuhi kebutuhan fasilitas belajar mengajar guna menunjang kegiatan pembelajaran.

  1. Bagi Dosen

Hasil penelitian ini diharapkan mampu menjadi bahan masukan bagi dosen untuk meningkatkan kompetensi atau kualitasnya dalam kegiatan belajar mengajar.