Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Hubungan Kesiapan Belajar dan Kecemasan dgn Prestasi Belajar pada Mata Kuliah

Judul Skripsi : Hubungan Kesiapan Belajar dan Kecemasan dengan Prestasi Belajar pada Mata Kuliah Asuhan Neonatus Bayi dan Balita Mahasiswa Semester III

 

A. Latar Belakang

Prestasi belajar pada sebagian mahasiswa yang kurang memuaskan pada mata kuliah Asuhan Neonatus Bayi dan Balita ini kemungkinan dipengaruhi oleh kemampuan kesiapan belajar mereka yang kurang dan kecemasan, karena aspek kesiapan antara lain kondisi fisik, mental, kebutuhan, motif dan tujuan, keterampilan dan aspek emosional walaupun pada penelitian ini emosional ditinjau dari kecemasaan. Hasil pengamatan menyatakan bahwa pada mata kuliah Asuhan Neonatus, Bayi dan balita masih ada mahasiswa yang menampakkan perhatian yang kurang terhadap perkuliahan karena tidak ada kesiapan belajar sebelumnya, kurangnya semangat, motivasi, dan adanya kondisi psikis seperti perasaan gundah, khawatir, gugup, tenang, cemas, lekas terkejut, emosi labil seperti perubahan rasa hati berganti-ganti, mudah tersinggung, apatis dalam pembelajaran

Berdasarkan pada pemikiran di atas maka peneliti tertarik untuk mengetahui hubungan kesiapan belajar dan kecemasan dengan prestasi belajar mata kuliah Asuhan Neonatus Bayi dan Balita pada mahasiswa semester III di Akademi Kebidanan PKU Muhammadiyah Surakarta.

 

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan dari uraian dalam latar belakang di atas maka peneliti dapat mengidentifikasi permasalahan yaitu :

  1. Adakah hubungan kesiapan belajar dengan prestasi belajar pada mata kuliah Asuhan Neonatus Bayi dan Balita pada mahasiswa?
  2. Adakah hubungan kecemasan dengan prestasi belajar pada mata kuliah Asuhan Neonatus Bayi dan Balita pada mahasiswa?
  3. Adakah hubungan kesiapan belajar dan kecemasan dengan prestasi belajar pada mata kuliah Asuhan Neonatus Bayi dan Balita mahasiswa Semester III di Akademi Kebidanan PKU Muhammadiyah Surakarta?

 

C. Tujuan Penelitian Skripsi

Tujuan Umum

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kesiapan belajar dan kecemasan dengan prestasi belajar mata kuliah Asuhan Neonatus Bayi dan Balita pada mahasiswa Semester III di Akademi Kebidanan PKU Muhammadiyah Surakarta.

Tujuan Khusus

  1. Menganalisis hubungan kesiapan belajar dengan prestasi belajar mata kuliah Asuhan Neonatus Bayi dan Balita pada mahasiswa
  2. Menganalisis hubungan kecemasan dengan prestasi belajar mata kuliah Asuhan Neonatus Bayi dan Balita pada mahasiswa
  3. Menganalisis hubungan kesiapan belajar dan kecemasan dengan prestasi belajar mata kuliah Asuhan Neonatus Bayi dan Balita pada mahasiswa Semester III di Akademi Kebidanan PKU Muhammadiyah Surakarta.

 

D. Simpulan

Berdasarkan hasil analisis statistik yang telah dijabarkan pada Bab IV, maka dapat diambil beberapa kesimpulan penelitian sebagai berikut:

1. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara kesiapan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Asuhan Neonatus Bayi dan Balita pada mahasiswa semester III Akademi Kebidanan PKU Muhammadiyah Surakarta.

2. Terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kecemasam mahasiswa pada mata kuliah mata kuliah Asuhan Neonatus Bayi dan Balita pada mahasiswa semester III Akademi Kebidanan PKU Muhammadiyah Surakarta.

3. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara kesiapan belajar dan kecemasan dengan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Asuhan Neonatus Bayi dan Balita pada mahasiswa semester III Akademi Kebidanan PKU Muhammadiyah Surakarta.

 

E. Saran

Perlu meningkatkan kesiapan belajar secara fisik, psikis, materiil, fasilitas lingkungan dan perilaku yang lebih baik sehingga proses belajar mengajar menjadi lancar dan prestasi belajar menjadi baik.