Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Hubungan Kemandirian Belajar dan Pemanfaatan Sumber Belajar dgn Prestasi Belajar

Judul Skripsi : Hubungan Kemandirian Belajar dan Pemanfaatan Sumber Belajar dengan Prestasi Belajar pada Mata Kuliah Askeb II Mahasiswa Semester III di Stikes Dian Husada Mojokerto

 

A. Latar Belakang Masalah

Berdasarkan studi dokumentasi yang telah di lakukan di STIKES DIAN HUSADA MOJOKERTO pada mahasiswa semester III tahun akademik 2010/2011 ada 120 mahasiswa, dari hasil evaluasi mahasiswa semester III di dapatkan mahasiswa yang mempunyai Indeks Prestasi (IP) untuk mata kuliah Asuhan Kebidanan III (persalinan) antara 3,51-4,00 ada 6 mahasiswa (5%), IP antara 2,76-3,50 ada 44 mahasiswa (36,66%), IP antara 2,00-2,75ada 70 mahasiswa (58,33%). Berdasarkan data di atas dapat di simpulkan prestasi yang di capai mahasiswa sebagian besar masih kurang maksimal. Prestasi belajar yang kurang maksimal pada sebagian mahasiswa untuk mata kuliah Asuhan Kebidanan pada ibu bersalin (ASKEB II) ini antara lain di pengaruhi kurang maksimalnya belajar mandiri dan pemanfaatan sumber belajar.

Oleh karena itu penting kiranya untuk mengetahui hubungan belajar mandiri dan pemanfaatan sumber belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa, khususnya pada mata kuliah Asuhan Kebidanan pada ibu bersalin (ASKEB II).

 

B. Rumusan Masalah Skripsi

  1. Apakah ada hubungan antara belajar mandiri dengar prestasi belajar pada mata kuliah asuhan kebidanan pada ibu bersalin (ASKEB II) mahasiswa semester III STIKES DIAN HUSADA MOJOKERTO?
  2. Apakah ada hubungan ada hubungan antara pemanfaatan suber belajar dengan prestasi belajar pada mata kuliah asuhan kebidanan pada ibu bersalin (ASKEB II) mahasiswa semester III STIKES DIAN HUSADA MOJOKERTO?
  3. Apakah ada hubungan antara belajar mandiri dan pemanfaatan sumber belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar pada mata kuliah asuhan kebidanan pada ibu bersalin (ASKEB II) mahasiswa semester III STIKES DIAN HUSADA MOJOKERTO?

 

C. Tujuan Penelitian

Umum

Menganalisa hubungan belajar mandiri dan pemanfaatan sumber belajar dengan prestasi belajar

Khusus

  1. Menganalisa hubungan belajar mandiri dengan prestasi belajar.
  2. Menganalisa hubungan pemanfaatan sumber belajar dengan prestasi belajar
  3. Menganalisa hubungan belajar mandiri dan pemanfaatan sumber belajar dengan prestasi belajar

 

D. Kesimpulan

  1. Ada hubungan yang positif antara belajar mandiri dengan prestasi belajar pada mahasiswa Semester III di Program Studi DIII Kebidanan Stikes Dian Husada Mojokerto (p=0,000 dan r = 0,921)
  2. Ada hubungan yang positif antara pemanfaatan sumber belajar dengan prestasi belajar pada mahasiswa Semester III di Program Studi DIII Kebidanan Stikes Dian Husada Mojokerto (p=0,000 dan r = 0,617)
  3. Ada hubungan secara simultan antara belajar mandiri dan pemanfaatan sumber belajar dengan prestasi belajar pada mahasiswa Semester III di Program Studi DIII Kebidanan Stikes Dian Husada Mojokerto sebesar 86,2%
  4. Setiap mahasiswa hendaknya mampu memelihara dan memupuk serta mengembangkan metode belajarnya sendiri sesuai dengan kemampuan dirinya serta menghindari pergaulan yang tidak berguna yang dapat mengganggu proses belajar untuk dapat meningkatkan prestasinya.
  5. Dosen dan orang tua hendaknya dapat membantu mahasiswa dan anaknya untuk tetap aktif dan konsisten dalam belajar sehingga belajarnya kian meningkat sesuai dengan yang diharapkan
  6. Kepada pimpinan dan jajaran manajemen kampus untuk senantiasa memperhatikan lingkungan, baik fisik maupun non fisik kampus termasuk penyediaan fasilitas sumber belajar, sehingga mahasiswa merasa nyaman damakin giat dalam bekerja