Hubungan Antara Sikap Nasionalisme dan Tingkat Pemahaman Tentang Masyarakat Multikultural

Latar Belakang Masalah Pemahaman Mayarakat Multikultural

Pemahaman tentang masyarakat multikultural di sekolah diperoleh siswa setelah mengikuti pelajaran Sosiologi, Kewarganegaraan, Sejarah, Kesenian dan kegiatan kesiswaan yang dikoordinasi oleh OSIS dengan bimbingan guru. misalnya Masa Orientasi Siswa (MOS) yang diselenggarakan pada setiap awal tahun serta berbagai kegiatan OSIS lainnya. Karena pemahaman tentang masyarakat multikultural para siswa SMA Negeri di Kecamatan Wonosari diduga sedang mengalami degradasi, maka perlu diteliti agar wawasan jati diri bangsa tetap terjaga sehingga generasi muda tetap mampu mempertahankan keutuhan bangsa, seperti yang telah ditunjukkan oleh para pejuang bangsa pada saat mendirikan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Demikian pula dengan wawasan jati diri bangsa yang memandang bangsa Indonesia terhadap diri bangsa dan lingkungannya tersusun dari basis budaya misalnya mencintai budaya local, mencintai budaya nasional, dan selektif terhadap budaya asing. Sedangkan kepribadian bangsa Indonesia yaitu Pancasila yang di dalamnya terdapat unsur: religius, humanis, naturalis, terbuka, demokratis, integrasi dan harmoni, nasionalisme dan patriotisme, berkomitmen terhadap kebenaran, jujur dan adil, profesional, beriptek, mandiri, etis dan moralis, kepatuhan kepada hukum, berjiwa kemasyarakatan, berjiwa kultural, dan berjiwa seni dan estetika. Kesemuanya perlu dikembangkan oleh seluruh masyarakat Indonesia guna menjaga keutuhan bangsa demi masa depan.

Rumusan Masalah

Adapun dalam penelitian ini rumusan masalah yang disusun meliputi tiga hal penting adalah :

  1. Apakah ada hubungan antara sikap nasionalisme siswa SMA Negeri di Wonosari dengan wawasan jati diri bangsa?
  2. Apakah ada hubungan antara tingkat pemahaman tentang masyarakat multikultural siswa SMA Negeri di Wonosari dengan wawasan jati diri bangsa?
  3. Apakah ada hubungan antara sikap nasionalisme dan tingkat pemahaman tentang masyarakat multikultural siswa SMA Negeri di Wonosari secara bersama-sama dengan wawasan jati diri bangsa?

Tujuan Penelitian

Adapun dalam penelitian ini tujuan yang disusun meliputi 3 hal penting ialah untuk mengetahui :

  1. Hubungan antara sikap nasionalisme siswa SMA Negeri di Wonosari dengan wawasan jati diri bangsa.
  2. Hubungan antara tingkat pemahaman tentang masyarakat multikultural siswa SMA Negeri di Wonosari dengan wawasan jati diri bangsa.
  3. Hubungan antara sikap nasionalisme dan tingkat pemahaman tentang masyarakat multikultural siswa SMA Negeri 1 Wonosari secara bersama-sama dengan wawasan jati diri bangsa.

Kesimpulan

  1. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara sikap nasionalisme siswa dengan wawasan jati diri bangsa. Siswa yang memiliki sikap nasionalisme tinggi dalam kehidupan sehari-hari terlihat bahwa tingkah lakunya akan selalu mengamalkan dan menjaga sikap cinta kepada tanah air dan bangsa, dan menjaga sikap persatuan dan kesatuan bangsa.
  2. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat pemahaman tentang masyarakat multikultural siswa dengan wawasan jati diri bangsa. Pemahaman tentang masyarakat multikultural mengandung makna bahwa para siswa menghayati nilai-nilai bersama yang dapat dijadikan dasar dan pandangan hidup bersama, sehingga keberagaman keyakinan agama, suku bangsa, ras, budaya, strata sosial, gender, hak azasi manusia (HAM) beserta aktivitas dan dinamika masyarakat, akan memperoleh tempat dan posisi yang wajar.