Hubungan Antara Persepsi Guru Terhadap Kualitas Kepemimpinan Kepala Sekolah

Judul Skripsi : Hubungan Antara Persepsi Guru Terhadap Kualitas Kepemimpinan Kepala Sekolah

 

A. Latar Belakang Masalah

Data yang ada, beragamnya kinerja guru disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya adalah persepsi guru itu sendiri terhadap kualitas kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru.Persepsi guru terhadap kualitas kepemimpinan kepala sekolah, walaupun kualitas kepemimpinan yang satu dengan kualitas kepemimpinan kepala sekolah yang lainnya mempunyai perbedaan, perbedaan tersebut disebabkan oleh latar belakang dan karakter, serta pengalaman kepala sekolah yang berbeda.

Maka termasuk persepsi guru pun memiliki perbedaan,demikian pula dengan latar motivasi kerja guru, setiap guru mempunyai motivasi kerja yang berbeda, beberapa guru menunjukkan motivasi kerja yang tinggi, tapi masih ada beberapa guru yang kurang mempunyai motivasi dalam melaksanakan tugas. Merujuk adanya permasalahan tersebut, peneliti ingin mengkaji sejauh hubungan persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru dengan kinerja guru di SD Negeri Jumantono Karanganyar.

 

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:

  1. Apakah terdapat hubungan antara persepsi guru terhadap kualitas kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru di SD Negeri Jumantono Karanganyar?
  2. Apakah terdapat hubungan antara motivasi kerja guru dengan kinerja guru di SD Negeri Jumantono Karanganyar?
  3. Apakah terdapat hubungan antara persepsi guru terhadap kualitas kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru secara bersamasama dengan kinerja guru di SD Negeri Jumantono Karanganyar?

 

C. Tujuan Penelitian

Berdasarkan rumusan masalah tersebut di atas, tujuan yang hendak bdicapai melalui penelitian ini mencakup:

  1. Untuk mengetahui adanya hubungan antara persepsi guru terhadap kualitas kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru di SD Negeri Jumantono Karanganyar.
  2. Untuk mengetahui adanya hubungan antara motivasi kerja guru dengan kinerja guru di SD Negeri Jumantono Karanganyar.
  3. Untuk mengetahui adanya hubungan antara persepsi guru terhadap kualitas kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru secara bersamasama dengan kinerja guru di SD Negeri Jumantono Karanganyar.

 

E. Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut:

1. Hubungan persepsi guru terhadap kualitas kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru terdapat kontribusi positif,variabel persepsi guru terhadap kualitas kepemimpinan kepala sekolah dengan variabel kinerja guru teruji kebenarannya. Hal ini berarti semakin baik persepsi guru bterhadap kualitas kepemimpinan kepala sekolah, akan semakin tinggi pula kinerja guru.

2. Hubungan Motivasi Kerja Guru dengan Kinerja Guru terdapat kontribusi positif variabel motivasi kerja guru dengan variabel kinerja guru teruji kebenarannya. Hal ini berarti semakin tinggi motivasi kerja guru, akan semakin tinggi pula kinerja guru.

3. Hubungan persepsi guru terhadap kualitas kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru secara bersama-sama dengan kinerja guru terdapat koefisien korelasi jamak yang diperoleh dalam penelitian ini signifikan. Hipotesis yang mengatakan bahwa terdapat kontribusi positif persepsi guru terhadap kualitas kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru secara bersama dengan kinerja guru, teruji kebenarannya.