Hubungan Antara Penguasaan Kosakata dan Minat Belajar dgn Kemampuan Berbicara Bahasa Jawa

Judul Skripsi : Hubungan Antara Penguasaan Kosakata dan Minat Belajar dengan Kemampuan Berbicara Bahasa Jawa

 

A. Latar Belakang Masalah

Minat siswa SMA khususnya kelas X terhadap bahasa Jawa sangatrendah berdasarkan wawancara yang telah dilakukan, baik dengan guru bahasa Jawa maupun dengan siswa itu sendiri. Bahasa Jawa dirasa sangat sulit bagi siswa terutama menyangkut unggah-ungguh yang harus mereka kuasai jika ingin dianggap memiliki sopan santun. Hal tersebut membuat minat mereka untuk mempelajari bahasa Jawa semakin rendah. Sebenarnya diharapkan dengan meningkatnya minat siswa terhadap bahasa Jawa, kemampuan berbicara mereka juga akan semakin baik.

Dari uraian tersebut di atas didapatkan perincian bahwa ada hubungan positif antara penguasaan kosakata dan minat belajar dengan kemampuan berbicara. Dengan kata lain, penguasaan kosakata ditambah minat belajar yang tinggi, akan meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Untuk itu perlu penelitian untuk membuktikan bahwa penguasaan kosakata dan minat belajar yang tinggi, kemampuan berbicara siswa juga akan meningkat

 

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan pembatasan masalah yang ada dapat dirumuskan masalah sebagai berikut:

  1. Adakah hubungan antara penguasaan kosakata dengan kemampuan berbicara bahasa Jawa pada siswa kelas X SMA Negeri se-Kabupaten Cilacap?
  2. Adakah hubungan antara minat belajar dengan kemampuan berbicara bahasa Jawa pada siswa kelas X SMA Negeri se- Kabupaten Cilacap?
  3. Adakah hubungan antara penguasaan kosakata dan minat belajar secara bersama-sama dengan kemampuan berbicara bahasa Jawa pada siswa kelas X SMA Negeri se-Kabupaten Cilacap?

 

C. Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui:

  1. Hubungan antara penguasaan kosakata dengan kemampuan berbicara bahasa Jawa pada siswa kelas X SMA Negeri se- Kabupaten Cilacap.
  2. Hubungan antara minat belajar dengan kemampuan berbicara bahasa Jawa pada siswa kelas X SMA Negeri se-Kabupaten Cilacap.
  3. Hubungan antara penguasaan kosakata dan minat belajar secara bersama-sama dengan kemampuan berbicara bahasa Jawa pada siswa kelas X SMA Negeri se-Kabupaten Cilacap.

 

D. Simpulan

Berdasarkan deskripsi data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :

1. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara penguasaan kosakata (X1) dengan kemampuan berbicara bahasa Jawa (Y). Semakin tinggi penguasaan kosakata siswa maka, semakin meningkat pula kemampuan berbicara bahasa Jawa siswa.

2. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara minat belajar (X2) dengan kemampuan berbicara bahasa Jawa (Y). Semakin tinggi minat belajar yang dimiliki siswa maka, semakin meningkat pula kemampuan berbicara bahasa Jawa siswa.

3. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara penguasaan kosakata (X1) dan minat belajar (X2) dengan kemampuan berbicara bahasa Jawa (Y). Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi penguasaan kosakata dan minat belajar siswa maka, kemampuan berbicara bahasa Jawa siswa juga akan meningkat.

 

E. Saran

  1. Bagi Sekolah

Sekolah hendaknya memberikan dukungan penuh bagi terbentuknya lingkungan belajar yang efektif di sekolah dengan meyediakan sarana bagi guru dan siswa untuk dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa.

  1. Bagi Siswa

Siswa hendaknya menyadari arti pentingnya penguasaan kosakata bagi kemampuan berbicaranya, sehingga siswa diharapkan senantiasa dapat meningkatkan penguasaan kosakatanya melalui berbagai cara dalam belajar.