Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Hubungan Antara Motivasi dan Intensitas Antenatal Care (ANC)

Judul Skripsi : Hubungan Antara Motivasi dan Intensitas Antenatal Care (ANC) dengan Kelancaran Proses Persalinan

A. Latar Belakang Masalah 

Penyebab utama kematian maternal adalah faktor obstetrik maupun kondisi saat hamil yang dapat menyebabkan kematian (alasan mengapa kematian itu terjadi). Penyebab akhir kematian maternal dan neonatal adalah kondisi sebenarnya yang menyebabkan kematian (komplikasi akhir dari proses suatu penyakit) atau bagaimana pasien tersebut meninggal.

Mengetahui penyebab akhir suatu kematian, akan membantu mengenali fasilitas dan sumber daya yang perlu ditingkatkan, disamping membantu mencegah kematian maupun meningkatkan penanganan kondisi yang dapat menjadi penyebab akhir terjadinya suatu kematian. Adanya kondisi tersebut, penulis tertarik untuk meneliti mengenai Hubungan antara motivasi dan intensitas ANC dengan kelancaran  proses persalinan pada para ibu bersalin di wilayah Puskesmas Mojolaban Sukoharjo Tahun 2008/2009.

B. Perumusan masalah

  1. Apakah ada hubungan antara motivasi ANC dengan kelancaran proses persalinan pada para ibu bersalin di wilayah Puskesmas Mojolaban Sukoharjo Tahun 2008/2009?
  2. Apakah ada hubungan antara intensitas ANC dengan kelancaran proses persalinan pada para ibu bersalin di wilayah Puskesmas Mojolaban Sukoharjo Tahun 2008/2009?
  3. Apakah ada hubungan antara motivasi dan ANC dengan kelancaran proses persalinan pada para ibu bersalin di wilayah Puskesmas Mojolaban Sukoharjo Tahun 2008/2009?

 

C. Tujuan penelitian

Penelitian ini mempunyai tujuan antara lain :

  1. Mengetahui hubungan antara motivasi ANC dengan kelancaran proses persalinan pada para ibu bersalin di wilayah Puskesmas Mojolaban Sukoharjo Tahun 2008/2009.
  2. Mengetahui hubungan antara intensitas ANC dengan kelancaran proses persalinan pada para ibu bersalin di wilayah Puskesmas Mojolaban Sukoharjo Tahun 2008/2009.
  3. Mengetahui hubungan antara motivasi dan intensitas ANC dengan kelancaran proses persalinan pada para ibu bersalin di wilayah Puskesmas Mojolaban Sukoharjo Tahun 2008/2009.

 

D. Kesimpulan

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka didapatkan hasil sebagai berikut:

  1. Motivasi ANC berhubungan positif dan signifikan dengan kelancaran proses persalinan yang ditunjukkan dengan adanya r hitung sebesar 0,491 dengan nilai t hitung korelasi sebesar 2,982 sehingga nilai t hitung lebih besar dari t tabel (2,048).
  2. Intensitas ANC berhubungan positif dan signifikan dengan kelancaran proses persalinan yang ditunjukkan dengan adanya r hitung sebesar 0,402 dengan nilai t hitung korelasi sebesar 2,323 sehingga t hitung korelasi (2,323) lebih besar dari t tabel (2,048).
  3. Motivasi ANC dan intensitas ANC berhubungan positif dan signifikan dengan kelancaran proses persalinan R hitung sebesar 0,589 dengan nilai Fh sebesar 7,17 sehingga F hitung korelasi (7,17) lebih besar dari F tabel (3,35).

E. Saran

Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan saran sebagai berikut :

  1. Tenaga kesehatan khususnya Bidan hendaknya meningkatkan pelayanan ANC guna memberikan motivasi kelancaran proses persalinan pada para ibu bersalin.
  2. Para ibu bersalin lebih meningkatkan motivasi serta intensitas ANC guna mempersiapkan kelancaran proses persalinan