Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Keaktifan Belajar

Judul Skripsi : Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Keaktifan Belajar

A. Latar Belakang Masalah 

Proses pembelajaran pada dasarnya merupakan transformasi pengetahuan, sikap dan keterampilan dengan melibatkan aktivitas fisik dan mental siswa. Keterlibatan siswa baik secara fisik maupun mental merupakan bentuk pengalaman belajar siswa yang dapat memperkuat pemahaman siswa terhadap konsep pembelajaran (Djamarah, 2002). Keaktifan siswa dalam proses belajar dapat dilihat dari keikutsertaannya dalam melaksanakan tugas belajarnya. Keaktifan siswa dalam belajar dapat berwujud perilaku-perilaku  yang muncul dalam proses pembelajaran, seperti perhatian terhadap ulasan materi pelajaran, respon terhadap suatu masalah dalam pembelajaran, dan kedisiplinan dalam mengikuti pembelajaran. Keaktifan merupakan hal yang sangat penting dalam peningkatan prestasi belajar siswa, karena di dalam proses Kegiatan belajar mengajar tanpa adanya keaktifan siswa, maka belajar tidak akan mencapai hasil yang maksimal.

Hal yang menimbulkan masalah dalam proses pembelajaran mata kuliah Asuhan Kebidanan II adalah keaktifan mahasiswa. Hasil studi pendahuluan diperoleh bahwa selama proses pembelajaran berlangsung, mahasiswa semester III Universitas Respati Yogyakarta 2011/2012 dalam mengikuti  pembelajaran mata kuliah Asuhan Kebidanan II berlangsung dengan baik. Tetapi masih ada beberapa permasalahan yang mungkin dapat menghambat dalam pencapaian hasil belajar. Berdasarkan informasi dari dosen mata Kuliah Asuhan Kebidanan II, permasalahan yang sering timbul dalam proses pembelajaran mata kuliah tersebut diantaranya adalah mahasiswa masih kurang aktif, terutama ketika pelaksanaan praktik.

 

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang tersebut di atas, maka masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan:

  1. Apakah ada hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar mata kuliah Asuhan Kebidanan II?
  2. Apakah ada hubungan antara keaktifan belajar mahasiswa dengan prestasi belajar mata kuliah Asuhan Kebidanan II?
  3. Apakah ada hubungan antara motivasi belajar dan keaktifan belajar dengan prestasi belajar mata kuliah Asuhan Kebidanan II pada MahasiswaSemester III Universitas Respati Yogyakarta?

 

C. Tujuan Penelitian

  1. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara motivasi belajar dan keaktifan belajar dengan prestasi belajar mata kuliah Asuhan Kebidanan II pada Mahasiswa Semester III Universitas Respati Yogyakarta.
  2. Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk menganalisis:
  3. Hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar mata kuliah Asuhan Kebidanan II
  4. Hubungan keaktifan belajar mahasiswa dengan prestasi belajar mata kuliah Asuhan Kebidanan II
  5. Hubungan motivasi belajar dan keaktifan belajar dengan prestasi belajar mata kuliah Asuhan Kebidanan II pada Mahasiswa Semester III Universitas Respati Yogyakarta

 

D. Simpulan

Penelitian bertujuan mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan keaktifan belajar dengan prestasi belajar mata kuliah Asuhan Kebidanan II pada Mahasiswa Semester III Universitas Respati Yogyakarta. Hasil analisis data survei terhadap 92 sampel mahasiswa semester III Universitas Respati Yogyakarta menghasilkan kesimpulan sebagai berikut:

1. Ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar mata kuliah Asuhan Kebidanan II.

2. Ada hubungan yang signifikan antara Hubungan keaktifan belajar mahasiswa dengan p restasi belajar mata kuliah Asuhan Kebidanan II

3. Ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan keaktifan belajar dengan prestasi belajar mata kuliah Asuhan Kebidanan II pada Mahasiswa Semester III Universitas Respati Yogyakarta.