Minat ,Motivasi dan Intensitas Penggunaan Sumber Belajar dgn Prestasi Belajar

Judul Skripsi : Hubungan Antara Minat, Motivasi dan Intensitas Penggunaan Sumber Belajar dengan Prestasi Belajar

A. Latar Belakang Masalah

Sumber dan sarana belajar dapat mempengaruhi kualitas proses dan hasil belajar pesreta didik, atau dengan kata lain dapat mempengaruhi kualitas pengajaran”. Pemanfaatan sumber belajar memiliki arti yang sangat penting. Selain dapat melengkapi, memelihara dan memperkaya pengetahuan, sumber belajar juga dapat meningkatkan aktivitas dan kreativitas belajar yang sangat menguntungkan baik bagi guru maupun bagi siswa. Dengan dimanfaatkannya sumber belajar secara maksimal, dimungkinkan siswa dapat menggali berbagai jenis ilmu pengetahuan, serta mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Keberadaan sumber belajar mampu menunjang siswa untuk belajar secara mandiri. Namun tidak semua siswa memiliki sumber belajar yang lengkap.

Kadang ada siswa yang hanya mengandalkan buku catatan saja, tetapi itu tidak mengahalangi dia untuk rajin belajar, sehingga prestasinya bagus. Namun sebaliknya kadang ada pula siswa yang mempunyai sumber belajar lengkap, tetapi prestasinya masih rendah. Tetapi secara umum, siswa yang mempunyai sumber belajar lengkap dan mampu memanfaatkannya dengan optimal prestasinya cenderung akan baik, sebab dengan sumber belajar yang lengkap memungkinkan siswa mempelajari suatu materi dengan lebih mendalam, tidak sekedar yang disampaikan oleh guru di dalam kelas saja. Akan tetapi siswa dapat bereksplorasi dengan sumber-sumber belajar lainnya melalui membaca buku, surat kabar, internet, dan lain-lain (Rohani, 2004).

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah ada hubungan antara minat dengan prestasi belajar?
  2. Apakah ada hubungan antara motivasi dengan prestasi belajar?
  3. Apakah ada hubungan antara intensitas penggunaan sumber belajar dengan prestasi belajar?
  4. Apakah ada hubungan antara minat, motivasi dan intensitas penggunaan sumber belajar dengan prestasi belajar? pada mahasiswa STIKes ICME Jombang

 

C. Tujuan Penelitian

Tujuan Umum

Untuk menganalisis hubungan antara minat, motivasi dan intensitas penggunaan sumber belajar secara bersama dengan prestasi belajar pada mahasiswa STIKes ICME Jombang.

 

Tujuan Khusus

  1. Untuk mengetahui hubungan antara minat dengan prestasi belajar.
  2. Untuk mengetahui hubungan antara motivasi dengan prestasi belajar.
  3. Untuk mengetahui hubungan antara intensitas penggunaan sumber belajar dengan prestasi belajar.
  4. Untuk mengetahui hubungan antara minat, motivasi dan intensitas penggunaan sumber belajar dengan prestasi belajar pada mahasiswa STIKes ICME Jombang.

 

D. Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian tentang hubungan minat, motivasi dan intensitas penggunaan sumber belajar dengan prestasi belajar mahasiswa ICME Jombang, dapat disimpulkan bahwa:

1. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat dengan prestasi belajar mahasiswa ICME Jombang

2. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi dengan prestasi belajar mahasiswa ICME Jombang

3. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara intensitas penggunaan sumber belajar dengan prestasi belajar mahasiswa ICME Jombang

4. Ada hubungan yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara minat, motivasi, dan intesitas penggunaan sumber belajar dengan prestasi belajar mahasiswa ICME Jombang