Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Hubungan Antara Kompetensi Task Skill dan Adaptation Skill dgn Kinerja Bidan

Judul Skripsi : Hubungan Antara Kompetensi Task Skill dan Adaptation Skill dengan Kinerja Bidan

 

A. Latar Belakang Masalah

Akademi Kebidanan Pamenang Kediri merupakan salah satu institusi pendidikan Kebidanan yang ada di Kabupaten Kediri dengan visi terwujudnya pendidikan kesehatan berstandar international yang berkeunggulan dalam penanganan kegawatdaruratan yang berorientasi pada IPTEK dan moral daam upaya mewujudkan tenaga kesehatan yang mandiri dan bertanggung jawab.Setiap tahunnya mahasiswa dapat lulus dengan baik setelah mengikuti ujian praktek yang diselenggarakan oleh Akademi Kebidanan Pamenang dan program ujian negara yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur.

Namun kenyataan di lapangan, kinerja Bidan masih kurang, disamping itu saat ini terjadi masa tunggu bekerja yang lebih lama dari para lulusan Diploma III Kebidanan dikarenakan jumlah lulusan yang banyak, pasar yang lebih selektif dan semakin sedikitnya peluang bekerja. Dengan adanya tantangan tersebut, institusi yang menyiapkan tenaga Kebidanan dituntut bersikap lebih profesional agar siap dalam menghadapi tantangan persaingan bebas. Harapan atau keinginan pengguna jasa tidak lepas dari kualitas sumber daya manusianya, yaitu tenaga kebidanan lulusan Akademi Kebidanan Pamenang Kediri. Lulusan dari institusi ini memang sudah tersebar di beberapa insitusi lahan seperti rumah sakit, klinik, puskesmas, dan rumah bersalin/Bidan Praktek Swasta di wilayah kediri yang merupakan salah satu institusi yang menyerap lulusan dari Akademi Kebidanan Pamenang terbanyak.

 

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:

  1. Apakah ada hubungan antara kompetensi Task Skill dengan kinerja bidan lulusan Akademi Kebidanan Pamenang Kediri menurut persepsi pengguna jasa?
  2. Apakah ada hubungan antara kompetensi Adaptation Skill dengan kinerja bidan lulusan Akademi Kebidanan Pamenang Kediri menurut persepsi pengguna jasa?
  3. Apakah ada hubungan antara kompetensi Task Skill dan Adaptation Skill dengan kinerja bidan lulusan Akademi Kebidanan Pamenang Kediri menurut persepsi pengguna jasa?

 

C. Tujuan penelitian

Tujuan Umum

Mengetahui adakah hubungan antara kompetensi Task Skill dan Adaptation Skill dengan kinerja bidan lulusan Akademi Kebidanan Pamenang Kediri menurut persepsi pengguna jasa.

Tujuan Khusus

  1. Mengidentifikasi hubungan antara kompetensi Task Skill dengan kinerja bidan lulusan Akademi Kebidanan Pamenang Kediri menurut persepsi pengguna jasa.
  2. Mengidentifikasi hubungan antara kompetensi Adaptation Skill dengan kinerja bidan lulusan Akademi Kebidanan Pamenang Kediri menurut persepsi pengguna jasa.
  3. Menganalisa hubungan antara kompetensi Task Skill dan Adaptation Skill dengan kinerja bidan lulusan Akademi Kebidanan Pamenang Kediri menurut persepsi pengguna jasa.

 

D. Kesimpulan

  1. Terdapat hubungan yang signifikan kompetensi Task Skill dengan kinerja Bidan lulusan Akademi Kebidanan Pamenang Kediri Menurut Persepsi Pengguna Jasa.
  2. Terdapat hubungan yang signifikan kompetensi Adaptation Skill dengan kinerja Bidan lulusan Akademi Kebidanan Pamenang Kediri Menurut Persepsi Pengguna Jasa.
  3. Terdapat hubungan yang signifikan kompetensi Task Skill dan Adaptation Skill secara bersama-sama dengan kinerja Bidan lulusan Akademi Kebidanan Pamenang Kediri Menurut Persepsi Pengguna Jasa.