Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Hubungan antara Kompetensi dan Peran Instruktur Klinis

Judul Skripsi : Hubungan antara Kompetensi dan Peran Instruktur Klinis dengan Keterampilan Pertolongan Persalinan pada Mahasiswa Kebidanan

A. Latar Belakang Masalah 

Mengingat permasalahan tersebut maka dibutuhkan kompetensi Instruktur klinis yakni memiliki kompetensi dan motivasi yang kuat untuk berperan dalam pembelajaran klinis secara optimal. Selain itu seharusnya seorang Instruktur klinis diberi wewenang dan tanggungjawab yang jelas sesuai dengan perannya dalam merancang, mengelola dan mengevaluasi pembelajaran klinis terhadap peserta didik di tatanan klinis. Yang perlu diingat adalah kompetensi disini menyangkut kemampuan teknis yang meliputi pengetahuan, ketrampilan, sikap, dan sifat-sifat pribadi lain (KSAs) (Syafei, 2007).

Hal inilah yang mendorong pentingnya pembahasan peran Instruktur klinis beserta motivasinya dalam pembelajaran klinis sehingga memberi kejelasan akan peran fungsi dan tanggungjawabnya dalam membimbing para peserta didik di tatanan klinis. Oleh karena itu dalam penulisan ini peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian dengan merumuskan dalam judul : ”Hubungan antara Kompetensi dan Peran Instruktur Klinis dengan Keterampilan Pertolongan Persalinan pada Mahasiswa Kebidanan”

 

B. Perumusan Masalah

Adakah hubungan antara kompetensi dan peran instruktur klinis dalam pembelajaran klinis dengan ketrampilan pertolongan persalinan pada mahasiswa Kebidanan?

 

C. Tujuan Penelitian Skripsi

Tujuan Umum

Mengetahui hubungan antara kompetensi dan peran instruktur klinis dalam pembelajaran klinis dengan keterampilan pertolongan persalinan pada mahasiswa Kebidanan.

Tujuan Khusus

  1. Mengetahui hubungan antara kompetensi instruktur klinis dalam pembelajaran klinis dengan keterampilan pertolongan persalinan pada Mahasiswa Kebidanan Pamenang Kediri di Lahan Praktek Bidan.
  2. Mengetahui hubungan antara peran instruktur klinis dalam pembelajaran klinis dengan keterampilan pertolongan persalinan pada Mahasiswa Kebidanan Pamenang Kediri di Lahan Praktek Bidan.
  3. Mengetahui hubungan antara kompetensi dan peran instruktur klinis dalam pembelajaran klinis dengan keterampilan pertolongan persalinan pada Mahasiswa Kebidanan Pamenang Kediri di Lahan Praktek Bidan.

D. Kesimpulan

  1. Ada hubungan antara kompetensi instruktur klinik dengan ketrampilan pertolongan persalinan di Lahan Praktek Bidan Kabupaten Kediri (p = 0,004)
  2. Ada hubungan antara peran instruktur klinik dengan ketrampilan pertolongan persalinan di Lahan Praktek Bidan Kabupaten Kediri (p = 0,035).
  3. Ada hubungan antara peran instruktur klinik dengan ketrampilan pertolongan persalinan di Lahan Praktek Bidan Kabupaten Kediri (p = 0,048).

E. Saran

Bagi Dinas Kesehatan

Disarankan agar memilih bidan sebagai instruktur klinik dengan kompetensi yang diharapkan institusi dan ditunjang dengan pelatihan ketrampilan pertolongan persalinan sesuai dengan standar.

Bagi Instruktur Klinik

Disarankan agar meningkatkan pendidikan, mengikuti pelatihan, dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk terlibat langsung dalam pemberian pelayanan kepada pasien.

Bagi Mahasiswa

Disarankan agar mahasiwa menyiapkan kemampuan dalam pertolongan persalinan sebelum terjun ke lahan praktek sehingga pada saat di lahan dapat langsung menerapkan pada pasien.