Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Hasil Belajar Praktik Klinik Asuhan Kebidanan

Judul Skripsi : Hubungan Kecerdasan Emosional dan Motivasi dengan Hasil Belajar Praktik Klinik Asuhan Kebidanan III Mahasiswa D III STIKes Patria Husada Blitar

A. Latar Belakang Masalah  Skripsi

Melalui studi pendahuluan yang dilakukan, dari hasil wawancara pada beberapa bidan praktik swasta yang pernah menjadi pembimbing praktik mahasiswi kebidanan STIKes Patria Husada Blitar didapatkan informasi bahwa beberapa mahasiswi praktikan kurang mampu memberikan konseling kesehatan yang bersifat persuasif kepada pasien serta kurang memiliki keinginan untuk terampil melakukan target – target kompetensi mereka, selain itu mereka juga kurang peka terhadap perasaan pasien serta mereka kurang mampu bersosialisasi dengan masyarakat sekitar tempat praktik. Dari informasi tersebut, dapat disimpukan bahwa sebagian besar mahasiswi kebidanan kurang mempunyai kemampuan memotivasi, berempati serta kemampuan membangun hubungan sosial dengan baik. Padahal ketiga hal tersebut merupakan hal terpenting yang harus dimiliki oleh mahasiswi kebidanan sebagai calon bidan, karena mereka nantinya akan menjadi pelayan kesehatan masyarakat khususnya wanita. Kemampuan memotivasi, berempati serta membangun hubungan sosial dengan baik merupakan bagian dari kecerdasan emosional selain kemampuan mengenali dan mengendalikan emosi diri. Sedangkan dalam lingkup perkuliahan sendiri, sangat dibutuhkan motivasi belajar yang dapat ditimbulkan oleh kecerdasan emosi dari masing – masing mahasiswi. Seperti yang diungkapkan oleh Walgito (2004 : 55), bahwa emosi itu menimbulkan energi untuk motivasi. Dan berkaitan dengan dorongan (drive) ini adalah emosi, yang menimbulkan energi untuk dorongan, sehingga adanya motivational power.

Dalam kaitan pentingnya kecerdasan emosional dan motivasi belajar guna meningkatkan hasil belajar praktik klinik serta belum pernah dilakukannya penelitian tersebut pada pragram studi D III Kebidanan STIKes Patria Husada Blitar maka penulis tertarik untuk meneliti “Hubungan kecerdasan emosional dan motivasi dengan hasil belajar praktik klinik asuhan kebidanan III mahasiswa D III STIKes Patria Husada Blitar”.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Adakah hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar praktik klinik asuhan kebidanan III?
  2. Adakah hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar praktik klinik asuhan kebidanan III?
  3. Adakah hubungan kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan hasil belajar praktik klinik asuhan kebidanan III?

 

C. Tujuan Penelitian

Tujuan Umum

Mengetahui hubungan kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan hasil belajar praktik klinik asuhan kebidanan III

Tujuan Khusus

  1. Untuk menganalisis hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar praktik klinik asuhan kebidanan III
  2. Untuk menganalisis hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar praktik klinik asuhan kebidanan III

 

D. Simpulan

1. Terdapat hubungan positif dan secara statistik signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar praktik klinik asuhan kebidanan (b = 0,27; p = 0,010)

2. Terdapat hubungan positif dan secara statistik signifikan antara motivasi dengan hasil belajar praktik klinik asuhan kebidanan (b = 0,69; p = 0,001)

3. Variabel kecerdasan emosional dan motivasi mampu menjelaskan variasi hasil belajar sebesar 88,7 % ( R2 = 0, 887; p < 0,001).

 

E. Saran

1. Bagi Pendidikan

Untuk mengelola kecerdasan emosional dalam rangka meningkatkan motivasi belajar peserta didik, dengan melaksanakan tes kecerdasan emosional dan motivasi untuk mengetahui sejauh mana kesiapan mahasiswa dalam melaksanakan praktik klinik asuhan kebidanan.

2. Bagi Mahasiswa

Untuk mengembangkan kecerdasan emosional dan motivasi serta berperan aktif dalam pencapaian hasil belajar praktik klinik mahasiswa serta mengembangkan strategi praktik klinik asuhan kebidanan.