Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Flypaper Effect Pada DAU dan PAD terhadap Belanja Daerah serta Dampaknya

Judul Skripsi : Flypaper Effect pada Dana Alokasi Umum (DAU) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap Belanja Daerah serta Dampaknya terhadap Kinerja Keuangan pada Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah

A. Latar Belakang Masalah Skripsi

Maimunah (2006) telah melakukan pengujian adanya flypaper effects pada belanja daerah pemerintah kabupaten/kota di pulau Sumatera tahun 2004. Dari penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa flypaper effect terjadi pada DAU terhadap Belanja Daerah. Namun hasil penelitian tersebut tidak dapat digeneralisasikan untuk seluruh wilayah Indonesia. Karena menurut Halim (2002) Pemda kabupaten/kota di Jawa-Bali memiliki kemampuan keuangan berbeda dengan Pemda kabupaten/kota di luar Jawa-Bali.

Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai flypaper effect Dana Alokasi Umum (DAU) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap Belanja Daerah serta dampaknya terhadap kinerja keuangan di Provinsi Jawa Tengah dengan alasan bahwa Jawa Tengah memiliki karakteristik ekonomi dan geografis yang sama dan ketersediaan data. Perbedaan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya yaitu dimana penelitian ini mencoba menganalisis pengaruh flypaper effect DAU dan PAD terhadap Belanja Daerah dengan menggunakan data runtun waktu (time series) (2003-2007), sehingga diharapkan dapat memberikan hasil analisis yang lebih komprehensif. Selain itu penelitian ini juga dihubungkan dengan kinerja Keuangan pada pemerintah daerah kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah. Sehingga penulis mengajukan judul ”FLYPAPER EFFECT PADA DANA ALOKASI UMUM (DAU) DAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) TERHADAP BELANJA DAERAH SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI JAWA TENGAH”.

 

B. Perumusan Masalah

  1. Apakah terjadi flypaper effect pada pengaruh DAUt dan PADt terhadap Belanja Daerah pada Kabupaten/Kota di provinsi Jawa Tengah?
  2. Bagaimana pengaruh DAUt-1 dan PADt-1 dalam memprediksi Belanja Daeraht?
  3. Jika terjadi flypaper effect, apakah ada perbedaan pada Kabupaten/Kota yang PAD-nya tinggi dengan Kabupaten/Kota yang PAD-nya rendah?
  4. Bagaimana dampak flypaper effect terhadap kinerja keuangan daerah?

 

C. Tujuan Penelitian

  1. Mengetahui kemungkinan terjadinya flypaper effect pada Belanja Daerah pada Kabupaten/Kota di provinsi Jawa Tengah.
  2. Mengetahui pengaruh DAUt-1 dan PADt-1 dalam memprediksi Belanja Daerah.
  3. Mengetahui kemungkinan adanya perbedaan flypaper effect antara Kabupaten/Kota yang PADnya tinggi dengan Kabupaten/Kota yang PADnya rendah.
  4. Mengetahui dampak flypaper effect terhadap kinerja keuangan daerah?

 

D. Kesimpulan

1. Hasil Pengujian hipotesis pertama yang tujuannya untuk mengetahui kemungkinan terjadinya flypaper effect, diterima. Hal tersebut membuktikan bahwa terjadi flypaper effect pada Dana Alokasi Umum (DAU) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap Belanja Daerah pada kabupaten/kota di Propinsi Jawa Tengah. Dengan kata lain Belanja Daerah pada kabupaten/kota di Propinsi Jawa Tengah lebih dipengaruhi oleh Dana Alokasi Umum (DAU) daripada Pendapatan Asli Daerah (PAD).

2. Hasil pengujian hipotesis kedua yang tujuannya untuk mengetahui pengaruh DAUt-1 dan PADt-1 dalam memprediksi Belanja Daeraht, diterima. Hal ini membuktikan bahwa pengaruh DAUt-1 terhadap BDt lebih besar daripada pengaruh PADt-1 terhadap BDt. Ini berarti penentuan besarnya belanja daerah tidak diukur berdasarkan potensi penerimaan daerah (PAD) yang didapat tetapi lebih kepada transfer (DAU) dari pusat.

Incoming search terms: