Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Kredit Kreasi Pegadaian

Latar Belakang Masalah Besarnya Kredit Kreasi

Kredit Kreasi Pegadaian merupakan kredit kelayakan usaha berbasis fidusia dengan sasaran pengusaha mikro dan kecil (KUMK). Agar dapat menyalurkan kredit Kreasi secara maksimal maka Perusahaan Pegadaian harus mengetahui faktor- faktor yang mempengaruhi besarnya kredit Kreasi untuk pembiayaan dan pengembangan KUMK. Faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya kredit Kreasi sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah dan sebagai sarana informasi kepada Managemen Pegadaian untuk mengambil kebijakan yang diperlukan dalam rangka merancang strategi meningkatkan kinerja Perusahaan.

Pegadaian Cabang Sukoharjo sebagai bagian dari organisasi Perum Pegadaian secara keseluruhan setiap tahun dituntut senantiasa menambah jumlah nasabahnya yang mencerminkan kemampuan meningkatkan kinerjanya, sehingga semakin besar jumlah nasabah maka penyaluran pinjaman/kredit akan semakin meningkat dan kinerja perusahaan akan tumbuh semakin baik. Pegadaian Cabang Sukoharjo perlu mengetahui faktor- faktor yang mempengaruhi pengambilan besarnya kredit Kreasi dalam rangka merancang strategi untuk menjaring jumlah nasabah sebanyak-banyaknya. Jika jumlah nasabah semakin banyak maka penyaluran pinjaman semakin besar dan kinerja perusahaan semakin baik, sebaliknya jika jumlah nasabah semakin menurun maka jumlah penyaluran pinjaman semakin kecil dan kinerja perusahaan akan menurun.

Perumusan Masalah

Dari latar belakang masalah tersebut maka dapat dirumuskan permasalahan ssebagai berikut:

  1. Apakah pendapatan, modal sendiri, jangka waktu kredit dan tingkat pendidikan nasabah berpengaruh secara bersama sama terhadap pengambilan besarnya kredit Kreasi yang diambil nasabah di Pegadaian Cabang Sukoharjo.
  2. Apakah pendapatan nasabah berpengaruh terhadap pengambilan besarnya kredit Kreasi yang diambil nasabah di Pegadaian Cabang Sukoharjo.

Tujuan Penelitian

Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan :

  1. Untuk menganalisis pengaruh pendapatan, modal sendiri, jangka waktu kredit dan tingkat pendidikan nasabah secara bersama-sama terhadap pengambilan besarnya kredit Kreasi di Pegadaian Cabang Sukoharjo.
  2. Untuk menganalisis pengaruh pendapatan terhadap pengambilan besarnya kredit Kreasi di Pegadaian Cabang Sukoharjo.
  3. Untuk menganalisis pengaruh modal sendiri terhadap pengambilan besarnya kredit Kreasi di Pegadaian Cabang Sukoharjo.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil analisis data mengenai faktor faktor yang mempengaruhipengambilan besarnya kredit kreasi Pegadaian studi kasus pada Pegadaian Cabang Sukoharjo, dapat diambil kesimpulan bahwa pendapatan, modal sendiri, jangka waktu kredit, dan pendidikan nasabah secara simultan berpengaruh signifikan positip terhadap pengambilan besarnya kredit kreasi. Secara parsial pengaruh masing masing variabel sbb :

  1. Pendapatan berpengaruh signifikan positip terhadap pengambilan besarnya kredit kreasi Pegadaian Cabang Sukoharjo, artinya semakin besar pendapatan usaha nasabah maka pengambilan besarnya kredit kreasi semakin besar.
  2. Modal sendiri berpengaruh signifikan positip terhadap pengambilan besarnya kredit kreasi Pegadaian Cabang Sukoharjo, artinya semakin besar modal sendiri yang dimiliki, maka pengambilan besarnya kredit kreasi semakin besar.

Saran

  1. Bagi Perum Pegadaian

Dalam menerima pengajuan kredit Kreasi dari nasabah, Pegadaian harus mempu menganalisa dengan teliti sehingga data pendapatan dan modal sendiri benar-benar akurat.

  1. Bagi peneliti selanjutnya

Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian kredit kreasi Pegadaian dengan variabel dan alat analisis yang berbeda sehingga hasil penelitian lebih variatif.

Incoming search terms: