Faktor-Faktor yg Mempengaruhi Keberhasilan Pengembangan SDM Pertanian

Judul Skripsi : Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Pengembangan SDM Pertanian

 

A. Latar Belakang Skripsi

Keberhasilan pengembangan SDM pertanian di SPP-SPMA Tanjungsari dipengaruhi oleh berbagai faktor. Sehubungan dengan pengembangan SDM pertanian di SPP-SPMA Tanjungsari ditempuh melalui strategi pre-service training yang juga merupakan salah satu bentuk pendidikan, maka faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pengembangan SDM pertanian di SPP-SPMA Tanjungsari dapat ditentukan di antaranya berdasarkan komponen-komponen pendidikan yang berpengaruh terhadap keberhasilan proses pendidikan. Dalam hal ini, faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pengembangan SDM pertanian di SPP-SPMA Tanjungsari dapat terdiri dari faktor peserta didik, tenaga kependidikan, kurikulum, sarana dan prasarana, serta lingkungan keluarga dan masyarakat. Soedijarto (1997:87) mengemukakan bahwa mutu hasil pendidikan pada hakekatnya adalah fungsi dari berinteraksinya: peserta didik dengan latar belakang sosial ekonomi kultural, kemampuan dasar kognitif, dan motivasinya; tenaga kependidikan (guru); sistem kurikulum dengan materi kurikulum yang direncanakan, proses belajar-mengajar, sistem evaluasi, dan manajemen kurikulumnya; waktu belajar, fasilitas dan lingkungan keluarga dan masyarakat.

Berkaitan dengan terdapatnya beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan pengembangan SDM pertanian di SPP-SPMA Tanjungsari, maka upaya mendukung keberhasilan pengembangan SDM pertanian di SPPSPMA Tanjungsari, perlu dilakukan penelitian untuk memahami bagaimana sebenarnya pengaruh faktor-faktor yang dimaksud tersebut terhadap keberhasilan pengembangan SDM pertanian di SPP-SPMA Tanjungsari. Penelitian ini penting, karena dengan dipahaminya bagaimana pengaruh faktor peserta didik, tenaga kependidikan, kurikulum, sarana dan prasarana, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat, maka perencanaan dan pelaksanaan pengembangan SDM pertanian di SPP-SPMA Tanjungsari akan menjadi efektif dan efisien. Dan pada akhirnya, penelitian akan memberikan manfaat dalam mendukung upaya pemecahan permasalahan rendahnya kualitas SDM pertanian, yang artinya juga turut mendukung keberhasilan pembangunan pertanian untuk mewujudkan tujuan revitalisasi pertanian.

 

B. Perumusan Masalah

  1. Apakah faktor peserta didik berpengaruh terhadap keberhasilan pengembangan SDM pertanian di SPP-SPMA Tanjungsari?
  2. Apakah faktor tenaga kependidikan berpengaruh terhadap keberhasilan pengembangan SDM pertanian di SPP-SPMA Tanjungsari?
  3. Apakah faktor kurikulum berpengaruh terhadap keberhasilan pengembangan SDM pertanian di SPP-SPMA Tanjungsari?

 

C. Tujuan Penelitian

  1. Untuk mendeskripsikan pengaruh faktor peserta didik terhadap keberhasilan pengembangan SDM pertanian di SPP-SPMA Tanjungsari.
  2. Untuk mendeskripsikan pengaruh faktor tenaga kependidikan terhadap keberhasilan pengembangan SDM pertanian di SPP-SPMA Tanjungsari.
  3. Untuk mendeskripsikan pengaruh faktor kurikulum terhadap keberhasilan pengembangan SDM pertanian di SPP-SPMA Tanjungsari.

 

D. Kesimpulan

1. Adanya pengaruh positif tersebut menunjukkan bahwa setiap penambahan nilai faktor-faktor yang mempengaruhi tersebut, akan memberikan penambahan nilai keberhasilan pengembangan SDM pertanian di SPP-SPMA Tanjungsari. Derajat pengaruh faktor peserta didik, tenaga kependidikan, kurikulum, sarana dan prasarana, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat, secara bersama-sama terhadap keberhasilan pengembangan SDM pertanian di SPP-SPMA Tanjungsari, yaitu sebesar 91,5 persen.

2. Hasil penelitian demikian menunjukkan bahwa peningkatan faktor peserta didik akan menyebabkan peningkatan keberhasilan pengembangan SDM pertanian di SPP-SPMA Tanjungsari. Derajat pengaruh faktor peserta didik terhadap keberhasilan pengembangan SDM pertanian di SPP-SPMA Tanjungsari adalah sebesar 26,5 persen.

3. Faktor tenaga kependidikan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan pengembangan SDM pertanian di SPP-SPMA Tanjungsari. Hasil penelitian demikian menunjukkan bahwa peningkatan faktor tenaga kependidikan akan menyebabkan peningkatan keberhasilan pengembangan SDM pertanian di SPP-SPMA Tanjungsari. Derajat pengaruh faktor tenaga kependidikan terhadap keberhasilan pengembangan SDM pertanian di SPP-SPMA Tanjungsari adalah sebesar 48,7 persen.