Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Faktor-Faktor yg Mempengaruhi Keberhasilan Penerapan Program Perencanaan Persalinan

Judul Skripsi : Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Penerapan Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4k) dalam Menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI)

A. Latar Belakang

Dari data Laporan Bulanan Kesehatan Ibu dan Anak (LB3 KIA) Propinsi Jawa Timur tahun 2007 AKI 72/100.000 KH ,tahun 2008 AKI 83/100.000 KH, sedangkan tahun 2009 AKI 90/100.000 KH (Dinkes Propinsi Jatim, 2009). Dari data Laporan Bulanan Kesehatan Ibu dan Anak (LB3 KIA) Kota Kediri AKI tahun 2007 151/100.000 KH, tahun 2008 AKI 97/100.000 KH, sedangkan pada tahun 2009 AKI 176/100.000 KH.

Berdasarkan hasil studi pendahuluan diketahui bahwa di Kota Kediri sudah ada peningkatan jumlah bidan termasuk bidan yang telah mengikuti pelatihan APN di puskesmas, telah dilaksanakannya program P4K yang melibatkan suami, keluarga, petugas kesehatan dan masyarakat sekitar. Namun pada kenyataannya dalam dua tahun terakhir, angka kematian ibu di Kota Kediri mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Peningkatan angka kematian ibu ini hampir merata di wilayah kerja puskesmas di Kota Kediri tetapi berbeda dengan Puskesmas Ngletih mulai tahun 2007 sampai sekarang Angka Kematian Ibu (AKI) adalah 0 (nol) atau tidak ada kematian ibu karena kehamilan, persalinan ataupun nifas. Oleh karena itu, peneliti ingin meneliti tentang Faktor – Faktor yang mempengaruhi keberhasilan Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) dalam menurunkan Angka kematin ibu (AKI) di wilayah kerja Puskesmas Ngletih Kota Kediri.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana penerapan P4K di Wilayah kerja Puskesmas Ngletih?
  2. Bagaimana keberhasilan yang dicapai dan faktor – faktor apa yang mempengaruhi keberhasilan penerapan P4K dalam menurunkan Angka Kematian Ibu di wilayah kerja puskesmas Ngletih?

 

C. Tujuan Penelitian

Tujuan Umum

Mengevaluasi keberhasilan penerapan program perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi (P4K) dalam menurunkan angka kematian ibu (AKI) di Wilayah Kerja Puskesmas Ngletih Kota.

Tujuan Khusus

  1. Untuk mendeskripsikan penerapan P4K di wilayah kerja Puskesmas Ngletih.
  2. Untuk mendeskripsikan keberhasilan yang dicapai dan faktor – faktor apa yang mempengaruhi keberhasilan penerapan P4K dalam menurunkan Angka Kematian Ibu di wilayah kerja puskesmas Ngletih.

D. Kesimpulan 

Hasil yang dicapai dari penerapan P4K dapat disimpulkan sebagai berikut :

  1. Prosentase ibu hamil mendapat stiker 100 %
  2. Prosentase ibu hamil berstiker mendapat pelayanan antenatal sesuai standar (semua ibu hamil mendapatkan kunjungan K4 dan memperoleh pelayanan 5T ) dari 4 kelurahan yaitu kelurahan Ketami, Bawang dan Ngletih 100%.
  3. Prosentase ibu hamil berstiker bersalin di tenaga kesehatan 100%.

Faktor – faktor yang mempengaruhi keberhasilan P4K adalah :

Faktor Internal

  • Adanya pembinaan dari petugas kesehatan setiap bulan bersamaan dengan pertemuan kader diketahui peneliti dari dokumen buku tamu dan notulen kegiatan P4K
  • Jumlah kader P4K dari masing – masing kelompok RW berjumlah 5 orang dilihat dari buku absen kader P4K.
  • Peran kader yang aktif dalam kegiatan P4K. Melalui pencatatan dan pelaporan yang dilaksanakan setiap bulan

Faktor Eksternal

  • Bantuan biaya persalinan dari pemerintah melalui jasmkesmas, jamkesda bagi ibu yang kurang mampu.
  • Tingginya rasa kepedulian dari masyarakat untuk mengatasi masalah kesehatan yang ada di lingkunganya.
  • Adanya peran aktif dari suami dan keluarga sebagai pendamping persalinan sehingga tidak terjadi keterlambatan apabila ada komplikasi kebidanan.

Incoming search terms: