Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Evaluasi Proses Pembelajaran Matematika Kelompok Belajar Paket C

Judul Skripsi : Evaluasi Proses Pembelajaran Matematika Kelompok Belajar Paket C Harapan Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen

A. Latar Belakang Masalah

Peserta didik di Kejar Paket C sangat sulit memahami dan menguasai konsep matematika dengan baik, hal ini dapat dilihat dari ketidakmampuan dan ketidakmandirian mereka dalam mengerjakan soal-soal matematika yang diberikan oleh guru. Kesulitan tersebut menjadi terus bertambah karena kurangnya motivasi peserta didik, keluarga dan lingkungan sekitar, sehingga pembelajaran matematika di Kejar Paket C kurang optimal. Beragam motivasi untuk mengikuti Kejar paket C juga mengakibatkan beragam karakterikstik siswa, siswa dengan motivasi mencari ijazah untuk bekerja tentu akan berbeda dengan siswa yang motivasinya untuk melanjutkan pendidikan.

Dalam pembelajaran matematika banyak guru yang mengeluh kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung bagi terciptanya pembelajaran matematika yang lebih baik. Hal ini terlihat dari sarana kelas yang apa adanya, bahkan kelas Kejar Paket C PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Harapan Kecamatan Gemolong sering meminjam di rumah– rumah penduduk untuk proses pembelajaran. Pada proses pembelajaran matematika guru memegang peranan yang sentral. Dengan keterbatasan sarana dan prasarana yang ada bagaimana guru dapat melakukan inovasi dan kreatifitas sehingga pada gilirannya dapat meningkatkan kemampuan peserta didik. Perbedaan intelektual dan penguasaan materi peserta didik dari sekolah formal dan non formal juga harus diperhatikan, kurikulum yang digunakanpun berbeda, proses pembelajaran juag harus berbeda. Dengan demikian pada Kejar Paket C ini dibutuhkan guru yang profesional dalam bidangnya dalam mengajarkan konsep-konsep matematika pada peserta didik, karena memang peserta didik memiliki karakteristik yang berbeda dengan siswa di sekolah formal.

 

B. Rumusan Masalah Skripsi

  1. Bagaimanakah proses pembelajaran matematika Kejar Paket C setara SMA di PKBM Harapan Kecamatan Gemolong ?
  2. Bagaimanakah pelaksanaan kurikulum Kejar Paket C setara SMA di PKBM Harapan Kecamatan Gemolong ?
  3. Kendala-kendala apa saja yang dihadapi dalam proses pembalajaran matematika di Kejar Paket C setara SMA PKBM Harapan Kecamatan Gemolong ?

 

C. Tujuan Penelitian

  1. Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran matematika di Kejar Paket C PKBM Harapan Kecamatan Gemolong.
  2. Untuk melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran matematika di Kejar Paket C PKBM Harapan Kecamatan Gemolong.
  3. Untuk mengetahui kendala-kendala dalam proses pembelajaran matematika di Kejar Paket C PKBM Harapan Kecamatan Gemolong.

 

D. Kesimpulan

1. Proses Pembelajaran di Kejar Paket C Harapan Kecamatan Gemolong Variasi model pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih kurang sehingga terkesan pembelajaran berjalan secara monoton dan membosankan. Guru belum secara khusus menggunakan metode yang dapat menggali kompetensi siswa, hal ini dipengaruhi oleh terbatasnya waktu untuk pelaksanaan pembelajaran.

2. Pelaksanaan Kurikulum Kejar Paket C Harapan Kecanatam Gemolong Pengelola Kejar Paket C Harapan Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen telah melaksanakan kurikulum pembelajaran matematika di Kejar Paket C Harapan Kecamatan Gemolong telah sesuai dengan petunjuk dan panduan Pedoman Penyelenggaraan Program Paket C Umum sebagaimana diterbitkan oleh Direktorat Pendidikan Kesetaraan.

3. Kendala-kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran matematika di Kejar Paket C Harapan Kecamatan Gemolong

  1. Suasana kelas pada saat pembelajaran masih kurang kondusif.
  2. Sarana dan prasrana kurang memadai terutama buku pegangan siswa.
  3. Variasi model pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih kurang.
  4. RPP yang dibuat oleh guru kurang lengkap.