Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Efisiensi dan Efektivitas Pengelolaan Keuangan Daerah di Kabupaten Ngawi

Judul Skripsi : Efisiensi dan Efektivitas Pengelolaan Keuangan Daerah di Kabupaten Ngawi

 

A. Latar Belakang

Kebijakan Anggaran merupakan acuan umum dari Rencana Kerja Pembangunan dan merupakan bagian dari perencanaan operasional anggaran dan alokasi sumberdaya, sementara arah kebijakan keuangan daerah adalah kebijakan penyusunan program dan indikasi kegiatannya pada pengelolaan pendapatan dan belanja daerah secara efektif dan efisien. Untuk mewujudkan otonomi daerah dan desentralisasi yang luas, nyata dan bertanggungjawab diperlukan manajemen keuangan daerah secara ekonomis, efisien, efektif, transparan dan akuntabel. Dalam rangka pertanggungjawaban publik, pemerintah daerah wajib melakukan optimalisasi anggaran yang dilakukan secara efisien dan efektif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, pengelolaan keuangan daerah dalam rangka pertanggungjawaban terhadap publik yang merupakan stakeholder perlu menjadi perhatian agar dana yang ada digunakan tepat sasaran untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, berkaitan langsung  dengan kebijakan keuangan, pemerintah daerah harus mengoptimalkan anggaran secara efisien dan efektif, yang menjadi permasalahan adalah bagaimana tingkat efisiensi dan efektifitas pengelolaan keuangan daerah di Kabupaten Ngawi pada era otonomi daerah.

 

B. Perumusan Masalah

Perumusan Permasalahan yang hendak dianalisis dalam penelitian ini adalah :

  1. Bagaimana pola perkembangan tingkat efisiensi pengelolaan keuangan daerah di Kabupaten Ngawi selama tahun 2005 – 2010 ?
  2. Bagaimana pola perkembangan tingkat efektivitas pengelolaan keuangan daerah di Kabupaten Ngawi selama tahun 2005 – 2010 ?

 

C. Tujuan Penelitian

Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah:

  1. Untuk menganalisis tingkat efisiensi pengelolaan keuangan daerah di Kabupaten Ngawi selama tahun 2005 – 2010 .
  2. Untuk menganalisis tingkat efektivitas pengelolaan keuangan daerah di Kabupaten Ngawi selama tahun 2005 – 2010 .

 

D. Kesimpulan

Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :

1. Pola perkembangan tingkat efisiensi pengelolaan keuangan daerah di Kabupaten Ngawi selama tahun 2005 – 2010 cenderung semakin menurun , dari hasil analisis menunjukkan bahwa perhitungan dengan menggunakan formulasi tingkat efisiensi pengelolaan keuangan daerah Kabupaten Ngawi dari tahun 2005 sampai 2010 rata-rata adalah sebesar 97,53%, artinya tingkat efisiensi masih kurang karena hasilnya kurang dari 100%. Hal ini menunjukkan bahwa pemerintah daerah masih boros dalam menggunakan anggarannya.

2. Pola perkembangan tingkat efektivitas pengelolaan keuangan daerah di Kabupaten Ngawi selama tahun 2005 – 2010 cenderung stabil, dari hasil analisis efektivitas menunjukkan bahwa perhitungan dengan menggunakan formulasi tingkat efektivitas pengelolaan keuangan Kabupaten Ngawi tahun 2005 sampai 2010 rata-rata sebesar 94,03% per tahun. Dengan demikian berarti tingkat efektivitas Pengelolaan Keuangan Kabupaten Ngawi adalah sudah efektif, karena dari hasil perhitungan menunjukkan angka lebih dari 90% .

 

E. Saran Skripsi

Saran yang dapat diberikan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan keuangan daerah di Kabupaten Ngawi adalah sebagai berikut:

1. Agar belanja daerah Kabupaten Ngawi bisa lebih efisien, maka Pemerintah daerah dalam hal ini, perlu mengkaji antara sektor yang produktif dengan sektor yang kurang produktif, kemudian pemerintah daerah harus memotong anggaran di sektor yang kurang produktif dan mengalihkannya ke sektor yang lebih produktif.

2. Agar belanja yang dikeluarkan dapat efektif dan efisien, maka hal penting yang harus diketahui oleh manajer publik adalah pemahaman tentang konsep belanja, dengan memahami konsep belanja maka perencanaan dan pengendalian pengeluaran daerah menjadi lebih mudah dilakukan.

Incoming search terms: