Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Efektivitas Pembelajaran Ekonomi dgn Multimedia Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA

Judul Skripsi : Efektivitas Pembelajaran Ekonomi dengan Multimedia Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional di SMA Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal

 

A. Latar Belakang

Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk memotivasi siswa agar lebih aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran adalah dengan penggunaan media pembelajaran multimedia. Selain berfungsi untuk memacu kreatifitas dan keaktifan peserta didik, pembelajaran multimedia juga berperan sebagai pengenalan teknologi terkini di dunia pendidikan. Sehingga dalam segi ilmu, peserta didik lebih bisa menyerap nya dengan lebih baik. Begitu pula dari  keahlian penggunaan multimedia, pengalaman peserta didik juga tidak tertinggal dengan perkembangan teknologi di dunia internasional.

SMA Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal sebagai salah satu sekolah yang berstatus Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) sudah seharusnya mampu menyelenggarakan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran multimedia. Hal ini didasarkan pada ketentuan khusus untuk penyelenggaraan pendidikan sekolah bertaraf internasional, dimana dalam salah satu indikator proses pembelajaran pada program RSBI disebutkan bahwa pihak sekolah menerapkan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi  (TIK) pada semua mata pelajaran. Pertimbangan lain yang menjadikan dasar pentingnya penggunaan multimedia di dunia pendidikan adalah karena pesatnya perkembangan dan penggunaan teknologi saat ini, baik di dunia pendidikan maupun dunia kerja serta seluruh segmen kehidupan, termasuk didalamnya adalah perekonomian Indonesia. Untuk itu pengenalan multimedia serta penggunaan multimedia pada proses pembelajaran kepada peserta didik, dalam hal ini lebih khususnya adalah mata pelajaran ekonomi, perlu dilaksanakan dengan baik. Tidak hanya itu, peserta didik juga harus mampu memanfaatkan multimedia dalam pembelajarannya untuk meningkatkan kemampuannya dalam menguasai dan meningkatkan prestasi belajar ekonomi.

 

B. Perumusan Masalah

  1. Apakah ada perbedaan prestasi belajar antara pembelajaran ekonomi dengan multimedia dan pembelajaran ekonomi dengan buku teks?
  2. Apakah pembelajaran ekonomi dengan multimedia lebih efektif dari pada pembelajaran ekonomi dengan buku teks?

 

C. Tujuan Penelitian

  1. Untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar antara pembelajaran ekonomi dengan multimedia dan pembelajaran ekonomi dengan buku teks?
  2. Untuk mengetahui apakah pembelajaran ekonomi dengan multimedia lebih efektif dari pada pembelajaran ekonomi dengan buku teks?

 

D. Kesimpulan Skripsi

1. Ada perbedaan prestasi belajar ekonomi antara pembelajaran ekonomi dengan multimedia dan pembelajaran ekonomi dengan media buku teks. Pembelajaran ekonomi dengan multimedia lebih baik daripada dengan media buku teks terhadap kemampuan kognitif yang dimiliki siswa pada pokok bahasan permintaan, penawaran dan keseimbangan pasar.

2. Nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dari nilai rata-rata kelas kontrol. Hal ini dapat menjadi salah satu indikator untuk mengatakan bahwa pembelajaran ekonomi dengan multimedia lebih efektif dari pada pembelajaran ekonomi dengan media buku teks.

 

E. Saran–saran

Berdasarkan kesimpulan dan implikasi di atas, maka terdapat beberapa hal yang peneliti anjurkan demi perbaikan kualitas mutu pendidikan di sekolah, yaitu :

1. Guru hendaknya terlebih dahulu mengetahui karakteristik kompetensi dasar yang akan diajarkan sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM) di kelas.

2. Penggunaan media pembelajaran multimedia sebaiknya dapat diterapkan pada pelajaran ekonomi di setiap kelas. Karena penggunaan media pembelajaran multimedia sangat membantu siswa didalam memahami materi yang diajarkan.