Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Efektivitas Pelaksanaan Kurikulum dan Program Pengajaran Mata Pelajaran Ekonomi

Judul Skripsi : Efektivitas Pelaksanaan Kurikulum dan Program Pengajaran Mata Pelajaran Ekonomi dalam Rangka Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010

 

A. Latar Balakang Masalah 

Hasil observasi yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat ketidakpuasan siswa dalam pelaksanaan kurikulum tingkat kelas dalam hal kegiatan belajar mengajar

mata pelajaran ekonomi. Dalam pembelajaran di kelas guru jarang menggunakan metode pembelajaran siswa aktif, sehinggga siswa merasa bosan dalam mengikuti pelajaran selain itu siswa cenderung tidak pernah mengajukan pertanyaan dan mengemukakan pendapat di dalam kegiatan pembelajaran. Peranan kurikulum dan program pengajaran di dalam proses ini sangatlah besar.

Berdasarkan latar belakang di atas maka perlu diketahui bahwa kurikulum tingkat kelas merupakan salah satu komponen terpenting dalam peningkatan mutu peserta didik. Oleh sebaab itu peneliti tertarik untuk memilih judul: “EFEKTIVITAS PELAKSANAAN KURIKULUM DAN PROGRAM PENGAJARAN MATA PELAJARAN EKONOMI DALAM RANGKA PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH SMA NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010”

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana pelaksanaan kurikulum dan program pengajaran mata pelajaran ekonomi dalam rangka penerapan manajemen berbasis sekolah tahun ajaran 2009/2010 SMA Negeri 1 Surakarta ?
  2. Bagaimana efektivitas pelaksanaan kurikulum dan program pengajaran mata pelajaran ekonomi dalam rangka penerapan manajemen berbasis sekolah tahun ajaran 2009/2010 SMA Negeri 1 Surakarta ?
  3. Apa hambatan yang dihadapi dan pemecahan masalah yang dilakukan dalam pelaksanaan kurikulum dan program pengajaran dalam rangka penerapan manajemen berbasis sekolah tahun ajaran 2009/2010 SMA Negeri 1 Surakarta ?

 

C. Tujuan Penelitian

  1. Pelaksanaan kurikulum dan program pengajaran mata pelajaran ekonomi dalam rangka penerapan manajemen berbasis sekolah tahun ajaran 2009/2010 SMA Negeri 1 Surakarta.
  2. Efektivitas pelaksanaan kurikulum dan program pengajaran mata pelajaran ekonomi dalam rangka penerapan manajemen berbasis sekolah tahun ajaran 2009/2010 SMA Negeri 1 Surakarta.
  3. Hambatan yang dihadapi dan pemecahan masalah yang dilakukan dalam pelaksanaan kurikulum dan program pengajaran dalam rangka penerapan manajemen berbasis sekolah tahun ajaran 2009/2010 SMA Negeri 1 Surakarta.

 

D. Simpulan

1. Pelaksanaan kurikulum dan program pengajaran mata pelajaran ekonomi

  • Realita menunjukkan bahwa sejauh ini KTSP sudah dilaksanakan
  • Pengembangan silabus berdasarkan prinsip pengembangan silabus dibawah dinas pendidikan Kab/Kota yang telah ditetapkan
  • Pelaksanaan KTSP mengalami kemajuan kearah yang lebih baik, hal ini disebabkan sekolah berpartisipasi    dalam memberikan sosialisasi KTSP kepada para guru, namun dalam pelaksanaannya tidak semua guru berpartisipasi secara maksimal dalam pelaksanaan KTSP.
  • Pelaksanaan dan pengelolaan pembelajaran kurang mengandung unsur Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Menyenangkan (PAIKEM).
  • Pendekatan psikologis dan sosio-kultur dilakukan para guru ekonomi, berusaha memberikan pelayanan yang sama kepada semua siswa, guru tidak membeda-bedakan perbedaan karakteristik pada siswa, memberikan motivasi agar menumbuhkan semangat belajar pada diri siswa.
  • Penilaian belajar yang baik dilakukan oleh guru sesuai dengan materi yang diajarkan sebelumnya, penilaian dilakukan secara berkelanjutan. Bentuk dan jenis tagihan bervariasi setiap ulangan.
  • Terdapat program perbaikan dan program pengayaan mata pelajaran ekonomi. Program perbaikan dilakukan dengan memberikan remidiasi kepada siswa.

2. Efektivitas pelaksanaan kurikulum dan program pengajaran mata pelajaran ekonomi

  • Kurikulum dan program pengajaran yang sudah efektif
  • Kurikulum dan program pengajaran yang belum efektif

3.  Hambatan dan pemecahan masalah pelaksanaan kurikulum dan program pengajaran mata pelajaran ekonomi