Efektivitas Model Pembelajaran Tipe TAI – TPS Dilihat dari Sikap Percaya Diri Siswa

Judul Skripsi : Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Teams Assisted Individual (TAI) dan Think Pair Share (TPS) Ditinjau dari Sikap Percaya Diri Peserta Didik pada Materi Limit Fungsi Kelas XI IPA SMA Kota Kediri Tahun Pelajaran 2010/2011

 

A. Latar Belakang Masalah

Salah satu materi yang dianggap sulit adalah Limit Fungsi. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata ulangan harian peserta didik yang masih rendah. Pada materi ini peserta didik mengalami kesulitan dalam menghitung nilai limit fungsi. Dalam menentukan limit fungsi di suatu titik dan di titik tak terhingga peserta didik masih kesulitan untuk memilih cara mana yang sesuai untuk menyelesaikan soal-soal karena belum bisa mencermati bentuk-bentuk soalnya. Selain itu peserta didik masih kesulitan dalam memfaktorkan, mengalikan dengan faktor lawan, membagi dengan pangkat tertinggi, dan mengaplikasi sifat-sifat limit fungsi untuk mencari nilai limit suatu fungsi.

Dalam mengatasi masalah tersebut penulis tertarik untuk menerapkan model pembelajaran menggunakan kelompok-kelompok kecil dan pembelajaran individual yang bisa menyelesaikan masalah. Dengan membuat para siswa bekerja dalam tim-tim pembelajaran kelompok-kelompok kecil dan mengemban tanggung  jawab mengelola dan memeriksa secara rutin, saling membantu satu sama lain dalam menghadapi masalah dan saling memberi dorongan untuk maju. Model pembelajaran ini diharapkan peserta didik akan lebih memahami apa yang diperoleh karena peserta didik mencari sendiri pengetahuannya tentang materi tersebut. Selain itu peserta didik dapat bekerjasama dan berinteraksi dengan anggota kelompoknya sehingga dapat meningkatkan partisipasi aktif peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar.

 

B. Perumusan Masalah

  1. Apakah hasil belajar peserta didik yang diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran TAI lebih baik daripada peserta didik yang diberi pembelajaran dengan model pembelajaran TPS pada materi limit fungsi?
  2. Apakah hasil belajar peserta didik yang mempunyai sikap percaya diri tinggi lebih baik daripada peserta didik yang mempunyai sikap percaya diri sedang dan rendah, dan hasil belajar peserta didik yang mempunyai sikap percaya diri sedang lebih baik daripada peserta didik yang mempunyai sikap percaya diri rendah pada materi limit fungsi?

 

C. Tujuan Penelitian

  1. Untuk mengetahui apakah hasil belajar peserta didik yang diberi pembelajaran dengan model pembelajaran TAI lebih baik daripada peserta didik yang diberi pembelajaran dengan model pembelajaran TPS pada materi limit fungsi.
  2. Untuk mengetahui apakah hasil belajar peserta didik yang mempunyai sikap percaya diri tinggi lebih baik daripada peserta didik yang mempunyai sikap percaya diri sedang dan rendah dan hasil belajar peserta didik yang mempunyai sikap percaya diri sedang lebih baik daripada peserta didik yang mempunyai sikap percaya diri rendah pada materi Limit Fungsi.

 

D. Kesimpulan

Berdasarkan kajian teori dan hasil analisis yang telah diuraikan pada Bab IV, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pada siswa SMA Kota Kediri :

1. Peserta didik yang mengikuti pembelajaran yang penyajiannya dengan menggunakan model pembelajaran tipe TAI akan memperoleh hasil belajar yang lebih baik dari peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model TPS.

2. Peserta didik yang memiliki sikap percaya diri tinggi mempunyai hasil belajar matematika yang lebih baik daripada siswa yang memiliki sikap percaya diri sedang dan rendah, peserta didik yang memiliki sikap percaya diri sedang mempunyai hasil belajar matematika yang lebih baik dari peserta didik yang memiliki sikap percaya diri rendah.