Efektivitas Model Pembelajaran Portofolio Dilihat dari Sikap Siswa Terhadap Matematika

Judul Skripsi : Efektivitas Model Pembelajaran Portofolio Dilihat dari Sikap Siswa Terhadap Matematika Kelas XI IPS SMA

 

A. Latar Belakang Masalah

Menurut Haris dalam Mar’at ( 1981:19) menyatakan bahwa sikap adalah sebagai suatu konstruk psikologik atau variabel tersembunyi yang perlu ditafsirkan dari reaksi yang dapat diawasi dan memiliki konsistensi. Reaksi tersebut diketahui sebagai kecenderungan mendekati atau menghindar dari obyek, disamping diwarnai oleh unsur senang atau tidak senang sesuai dengan identitasnya.

Selanjutnya Shaver dalam Mar’at (1981:21) menyatakan untuk bertindak senang atau tidak senang terhadap obyek tertentu mencakup komponen kognisi, afeksi, dan konasi. Komponen kognisi akan menjawab pertanyaan apa yang dipikirkan atau dipersepsikan tentang obyek. Komponen afeksi menjawab pertanyaan tentang apa yang dirasakan ( senang / tidak senang ) terhadap obyek. Komponen konasi akan menjawab pertanyaan bagaimana kesediaan/kesiapan untuk bertindak terhadap obyek. Sikap siswa terhadap matematika merupakan faktor yang mempengaruhi dalam hasil belajar siswa. Dengan demikian, pembelajaran yang berlangsung hendaknya dapat menumbuhkan sikap positip terhadap matematika, sehingga akan diperoleh hasil yang optimal. Mengingat pentingnya kemampuan matematika bagi siswa dalam proses belajar selanjutnya, maka masalah rendahnya hasil belajar matematika siswa di SMA perlu diupayakan pemecahannya.

 

B. Perumusan Masalah

  1. Apakah hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran portofolio lebih baik dari siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional?
  2. Apakah hasil belajar matematika siswa yang mempunyai sikap terhadap matematika tinggi lebih baik dari siswa yang mempunyai sikap terhadap matematika lebih rendah?
  3. Apakah terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan sikap siswa terhadap matematika terhadap hasil belajar matematika?

 

C. Tujuan Penelitian

  1. Apakah hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran portofolio lebih baik dari pada yang diajar dengan model pembelajaran konvensional.
  2. Apakah hasil belajar matematika siswa yang mempunyai sikap terhadap matematika tinggi lebih baik dari pada siswa yang mempunyai sikap terhadap matematika sedang maupun rendah.
  3. Apakah terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan sikap siswa terhadap matematika terhadap hasil belajar matematika.

 

D. Kesimpulan

Secara ringkas disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran portofolio lebih efektif terhadap hasil belajar matematika jika dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan model konvensional pada siswa kelas XI program IPS SMA Negeri di Kabupaten Klaten Propinsi Jawa Tengah tahun pelajaran 2008-2009, baik untuk siswa yang sikap terhadap matematika tinggi maupun siswa dengan sikap terhadap matematika rendah.

 

E. Saran

1. Kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten Propinsi Jawa Tengah, khususnya di tingkat MGMP untuk melakukan perubahan dalam pembelajaran pada sekolah – sekolah, terutama mengurangi model pembelajaran konvensional dan melakukan pembelajaran yang inovatif terutama pada pembelajaran statistika bisa diterapkan model pembelajaran portofolio.

2. Kepada para peneliti untuk melakukan pengkajian lebih mendalam dan secara luas terkait efektivitas pembelajaran model portofolio terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan lain di SMA, khususnya di Kabupaten Klaten Propinsi Jawa Tengah.