Efektivitas Model Pembelajaran Accelerated Teaching dgn Setting Cooperative Learning

Judul Skripsi : Efektivitas Model Pembelajaran Accelerated Teaching dengan Setting Cooperative Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Respon Siswa pada Pembelajaran Kelas X SMA Negeri Kabupaten Boyolali

 

A. Latar Belakang Masalah

Respon dapat diartikan sebagai tanggapan seseorang terhadap pengaruh atau reaksi dari luar sehingga mempengaruhi sikap dan tingkah laku. Respon siswa terhadap proses pembelajaran merupakan tanggapan siswa selama mengikuti proses pembelajaran, sehingga mempengaruhi sikap dan tingkah laku siswa dapat diungkapkan ke dalam bentuk pernyataan dari siswa tersebut. Dalam pembelajaran dengan metode Accelerated Teaching siswa dalam mengikuti proses pembelajaran akan banyak dihadapkan komponen-komponen pembelajaran, sehingga sangat dimungkinkan bahwa hasil belajar siswa dipengaruhi oleh respon siswa terhadap proses pembelajaran.

Mengingat pentingnya prestasi belajar matematika bagi siswa dalam proses belajar selanjutnya maka masalah rendahnya prestasi belajar matematika siswa, dan respon siswa terhadap proses pembelajaran matematika yang cenderung negatif perlu diupayakan pemecahannya.Berdasarkan uraian di atas, maka perlu adanya kajian tentang penerapan Model Accelerated Teaching di sekolah-sekolah lain di Boyolali dan sebagai alternatif model pembelajaran dalam pembelajaran matematika di SMA.

 

B. Perumusan Masalah

  1. Apakah model pembelajaran Accelerated Teaching dengan setting Cooperative Learning menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik dari pada model pembelajaran Accelerated Teaching tanpa setting Cooperative Learning pada materi pokok Trigonometri
  2. Apakah prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai respon tinggi lebih baik daripada siswa yang mempunyai respon sedang, dan apakah prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai respon sedang lebih baik daripada siswa yang mempunyai respon rendah pada materi pokok Trigonometri?

 

C. Tujuan Penelitian

  1. Untuk mengetahui apakah cara penyajian materi dengan model Accelerated Teaching dengan setting Cooperative Learning dalam pembelajaran akan memberikan prestasi yang lebih baik pada materi pokok Trigonometri daripada cara penyajian materi dengan model Accelerated Teaching tanpa setting Cooperative Learning.
  2. Untuk mengetahui apakah prestasi balajar matematika siswa yang mempunyai respon tinggi lebih baik dari pada siswa yang mempunyai respon sedang dan siswa yang mempunyai respon sedang mempunyai prestasi yang lebih baik dari pada siswa yang mempunyai respon rendah dalam mempelajari materi pokok Trigonometri.

 

D. Kesimpulan Skripsi

1. Pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Accelerated Teaching dengan setting Cooperative Learning pada materi pokok Trigonometri menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Accelerated Teaching tanpa setting Cooperative Learning.

2. Respon siswa pada pembelajaran berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika pada materi pokok Trigonometri. Prestasi belajar siswa yang mempunyai respon tinggi sama baiknya dengan siswa yang mempunyai respon sedang, prestasi belajar siswa yang mempunyai respon tinggi lebih baik daripada yang memiliki respon rendah dan prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai respon sedang sama dengan prestasi belajar siswa yang mempunyai respon rendah.

 

E. Saran

1. Kepada guru mata pelajaran matematika

Dalam melakukan kegiatan pembelajaran matematika, hendaknya guru lebih banyak melibatkan keaktifan siswa, guru hanya sebagai fasilitator dan motivator saja. Misalnya dengan memilih dan menggunakan cara penyajian materi yang lebih banyak melibatkan aktivitas siswa, seperti pembelajaran yang menggunakan model Accelerated Teaching dengan setting Cooperative Learning.

2. Kepada siswa

Sebaiknya siswa selalu memperhatikan dengan sungguh-sungguh penjelasan guru tentang materi yang disampaikan dan memahami dengan baik ringkasan materi pembelajaran model Accelerated Teaching dengan setting Cooperative Learning.