Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Efektifitas Penggunaan Metode GI dan dan Brainstorming pd Pokok Materi Bangun Datar

Judul Skripsi : Efektifitas Penggunaan Metode Group Investigation dan Brainstorming pada Pokok Materi Bangun Datar

 

A. Latar Belakang 

Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang menduduki peranan penting dalam pendidikan. Hal ini disebabkan karena matematika digunakan secara luas dalam segala bidang kehidupan manusia. Akan tetapi, pada saat ini matematika menjadi mata pelajaran yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa sehingga menyebabkan prestasi belajar matematika siswa rendah.

Kenyataan di lapangan, dalam proses pembelajaran matematika kebanyakan siswa cenderung hafal secara material tanpa memahami makna yang terkandung dari materi pelajaran yang disampaikan. Hal ini dikarenakan siswa hanya diam mendengarkan guru tanpa mencoba berpikir sendiri. Oleh karena itu, guru perlu merangsang daya pikir siswa dan menuntut siswa untuk lebih aktif. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat dan menarik selama proses pembelajaran berlangsung. Dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat diharapkan guru dapat menanamkan konsep yang baik terhadap siswa sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah penggunaan metode group investigation memberikan hasil belajar matematika yang lebih baik dibandingkan dengan menggunakan metode brainstorming?
  2. Apakah siswa dengan aktivitas belajar tinggi mempunyai prestasi yang lebih baik daripada siswa dengan aktivitas belajar sedang atau rendah dan apakah siswa dengan aktivitas belajar sedang mempunyai prestasi yang lebih baik daripada siswa dengan aktivitas belajar rendah?

 

C. Tujuan Penelitian

Sesuai dengan rumusan masalah yang diuraikan di atas, maka penulis bertujuan untuk :

  1. Mengetahui metode pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa antara metode group investigation dengan metode brainstorming
  2. Mengetahui efektifitas tingkat aktivitas siswa kelas V sekolah dasar terhadap prestasi belajar matematika.
  3. Mengetahui apakah pada siswa masing-masing dengan tingkat aktivitas tinggi, sedang dan rendah, metode group investigation akan menghasilkan prestasi belajar matematika siswa yang lebih tinggi dibandingkan dengan metode brainstorming dan mengetahui apakah pada masing-masing metode tersebut tingkat aktivitas siswa akan berpengaruh pada prestasi belajar siswa.

 

D. Kesimpulan

Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan di atas, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa:

1. Metode pembelajaran group investigation memberikan prestasi belajar matematika siswa yang lebih baik dibandingkan metode pembelajaran brainstorming pada pokok bahasan sifat-sifat bangun datar.

2. Siswa dengan aktivitas belajar tinggi mempunyai prestasi yang lebih baik daripada siswa dengan aktivitas belajar sedang atau rendah dan siswa dengan aktivitas belajar sedang mempunyai prestasi yang lebih baik daripada siswa dengan aktivitas belajar rendah.

3. Efektifitas metode pembelajaran tergantung pada aktivitas belajar siswa.

4. Pada pembelajaran group investigation, prestasi belajar siswa yang mempunyai aktivitas tinggi sama dengan prestasi belajar siswa yang mempunyai aktivitas sedang.

 

E. Saran

1. Kepada Siswa

Sebaiknya siswa selalu aktif dan memperhatikan dengan sungguh setiap penjelasan atau jawaban yang disampaikan oleh siswa lain baik dalam diskusi kelompok maupun ketika kelompok lain melakukan presentasi.

2. Kepada Pengajar

Metode pembelajaran group investigation mudah diterapkan jika guru terbiasa menggunakannya ketika menjelaskan suatu materi pembelajaran yang dirasa sulit dikuasai siswa. Dengan demikian, guru tidak terlalu asing dengan metode pembelajaran ini.