Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Deskripsi Motivasi Mahasiswa Akademi Kebidanan

Judul Skripsi : Deskripsi Motivasi Mahasiswa Akademi Kebidanan (Studi Kasus di Akademi Kebidanan Pamenang Pare – Kediri)

 

A. Latar Belakang

Pengelola pendidikan selalu berusaha mendorong motivasi belajar mahasiswa agar mereka bisa mencapai prestasi akademik yang optimal, salah satunya yaitu dengan cara memberlakukan sistem reward bagi mereka yang berprestasi. Sehingga diharapkan setelah lulus mereka dapat bersaing merebut pasar kerja. Dengan prestasi akademik yang memadai maka diharapkan para lulusan Akademi Kebidanan Pamenang Pare dapat bersaing dan unggul dalam berkompetisi merebut peluang kerja, karena di era global ini hanya mereka yang berprestasi yang akan keluar sebagai pemenang dan meraih peluang di masa yang akan datang.

Hasil pengamatan yang dilakukan peneliti pada beberapa mahasiswa Akademi Kebidanan Pamenang selama mengikuti perkuliahan didapatkan data adanya beberapa mahasiswa yang mengundurkan diri dari Akademi Kebidanan Pamenang karena prestasi belajarnya yang menurun baik mahasiswa tingkat 1 ataupun tingkat 2 dan ada beberapa mahasiswa yang tidak mempunyai motivasi untuk mengikuti kuliah. Motivasi adalah adalah satu variabel yang mempengaruhi prestasi akademik diantara berbagai variabel lain yang dapat mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa seperti : kurikulum, kegiatan belajar mengajar, peran dosen, lingkungan belajar, sarana prasarana, model evaluasi dan motivasi. Pada kesempatan ini, peneliti ingin memfokuskan penelitian pada aspek motivasi mahasiswa kebidanan.

 

B. Perumusan Masalah

  1. Bagaimana motivasi mahasiswa Akademi Kebidanan Pamenang mengikuti kuliah?
  2. Bagaimana prestasi belajar mereka?
  3. Bagaimana hubungan antara motivasi dengan prestasi di Akademi Kebidanan Pamenang?

 

C. Tujuan Penelitian

1. Tujuan Umum :

  • Untuk mendeskripsikan motivasi mahasiswa Akademi Kebidanan Pamenang selama mengikuti kuliah.

2. Tujuan Khusus :

  • Untuk mengetahui motivasi dan latar belakang motivasi mahasiswa Akademi Kebidanan mengikuti kuliah.
  • Untuk mengetahui prestasi belajar mahasiswa dan usaha mahasiswa dalam mencapai prestasi.
  • Untuk mengetahui bagaimanakah hubungan antara motivasi dengan prestasi mahasiswa Akademi Kebidanan Pamenang.

 

D. Kesimpulan

Berdasarkan hasil analisa penelitian tentang Motivasi Mahasiswa Kebidanan yang dilakukan terhadap mahasiswa yang berprestasi dan yang kurang berprestasi tingkat I, II dan III di Akademi Kebidanan Pamenang dengan teknik Kategorisasi dan komparasi, maka dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut :

1. Motivasi mahasiswa untuk mengikuti kuliah dapat timbul dari diri individu (instrinsik) yang ditandai dengan adanya hasrat untuk belajar dan berprestasi tanpa adanya ransangan luar, namun dapat juga karena faktor ekstrinsik yaitu perasaan ingin membahagiakan orang tua. Faktor ekstrinsik dari mtivasi mahasiswa berasal dari lingkungan keluarga maupun kondisi lingkungan sosial dimana mahasiswa itu tinggal

2. Mahasiswa yang berprestasi semuanya memiliki motivasi yang tinggi, baik berasal dari dalam dirinya maupun karena pengaruh dari luar. Sedangkan mahasiswa yang kurang berprestasi memiliki motivasi yang cukup baik dari dalam dirinya maupun karena pengaruh dari luar.

 

E. Saran

1. Bagi Pengelola

Dalam penerimaan mahasiswa, hendaknya pengelola pendidikan mengadakan ujian psikologi untuk mengetahui motivasi awal mahasiswa masuk kuliah.

2. Bagi Mahasiswa

Mahasiswa sebelum masuk di pendidikan di kehendaki, hendaknya memiliki motivasi internal yang kuat terlebih dahulu untuk masuk di pendidikan tersebut.

3. Bagi Peneliti Lain

Hasil penelitian ini dijadikan data awal tentang faktor yang mempengaruhi prestasi, dalam penelitian ini hanya membahas faktor motivasi.