Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Daya Tahan Otot Anggota Gerak Bawah dgn Kemampuan Fungsional Lanjut Usia

Judul Skripsi : Hubungan antara Kekuatan Otot dan Daya Tahan Otot Anggota Gerak Bawah dengan Kemampuan Fungsional Lanjut Usia

 

A. Latar Belakang Masalah

Panti Wreda Dharma Bakti Surakarta merupakan institusi pemerintah yang mengelola lansia dalam panti. Panti Wreda tersebut mengembangkan program pemeliharaan kesehatan bagi lansia. Masih terbatasnya penelitian yang menghubungkan antara penurunan kekuatan otot dan daya tahan otot anggota gerak bawah dengan kemampuan fungsional lansia menarik peneliti untuk menelitinya. Penelitian akan dilaksanakan di Panti Wreda Dharma Bhakti Surakarta.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat mengetahui hubungan kekuatan otot dan daya tahan otot anggota gerak bawah terhadap kemampuan fungsional lansia. Diharapkan pula penelitian ini dapat memberikan masukan program rehabilitasi dan latihan-latihan yang tepat bagi lansia sehingga lansia dapat memiliki kemandirian dalam beraktivitas fungsional.

 

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut :

  1. Adakah hubungan antara kekuatan otot anggota gerak bawah dengan kemampuan fungsional lansia ?
  2. Adakah hubungan antara daya tahan otot anggota gerak bawah dengan kemampuan fungsional lansia ?
  3. Adakah hubungan kekuatan otot dan daya tahan otot anggota gerak bawah secara bersama-sama dengan kemampuan fungsional lansia ?

 

C. Tujuan Penelitian

Tujuan umum

Mendapatkan data tentang tingkat kemampuan fungsional, kekuatan otot anggota gerak bawah dan daya tahan otot anggota gerak bawah lansia di panti wreda Dharma Bhakti Surakarta. Mendapatkan data hasil analisis hubungan kekuatan otot dan daya tahan otot anggota gerak bawah dengan kemampuan fungsional lansia, dalam rangka membantu pemerintah untuk memperoleh informasi untuk menyusun kebijakan yang berkaitan dengan upaya pembinaan kesehatan dan rehabilitasi pada lansia.

 

Tujuan khusus

  1. Mengetahui hubungan antara kekuatan otot anggota gerak bawah dengan kemampuan fungsional lansia.
  2. Mengetahui hubungan antara daya tahan otot anggota gerak bawah dengan kemampuan fungsional lansia.
  3. Mengetahui hubungan antara kekuatan otot dan daya tahan otot anggota gerak bawah secara bersama-sama dengan kemampuan fungsional lansia.

 

D. Kesimpulan

Hasil penelitian hubungan antara kekuatan otot dan daya tahan otot anggota gerak bawah dengan kemampuan fungsional lansia dapat disimpulkan sebagai berikut :

1. Ada hubungan antara kekuatan otot anggota gerak bawah dengan kemampuan fungsional lansia. Perubahan pada kekuatan otot anggota gerak bawah akan mengakibatkan perubahan pada kemampuan fungsional lansia.

2. Ada hubungan antara daya tahan otot anggota gerak bawah dengan kemampuan fungsional lansia. Perubahan pada daya tahan otot anggota gerak bawah akan mengakibatkan perubahan pada kemampuan fungsional lansia.

3. Ada hubungan antara kekuatan otot dan daya tahan otot anggota gerak bawah secara bersama-sama dengan kemampuan fungsional lansia. Perubahan pada kekuatan otot dan daya tahan otot anggota gerak bawah mengakibatkan perubahan pada kemampuan fungsional lansia.

 

E. Saran

1. Perlunya menambah subyek penelitian agar dapat menggambarkan populasi.

2. Penelitian ditindak lanjuti dengan penelitian intervensi atau eksperimental untuk dapat memastikan adanya hubungan sebab akibat antara kekuatan otot dan daya tahan otot dengan kemampuan fungsional.