Dampak Kredit Lembaga Keuangan Mikro Terhadap Pemberdayaan Ekonomi Rumah Tangga

Judul Skripsi : Dampak Kredit Lembaga Keuangan Mikro Terhadap Pemberdayaan Ekonomi Rumah Tangga (Studi Kasus “Unite Women For Credit dan Saving Co-Operative” (SACCOS) di Kabupaten Gulu – Uganda Utara

 

A. Latar Belakang

Untuk membalikkan tren ini, pemerintah dan pemangku kepentingan utama telah mulai memulai kebijakan yang ditujukan untuk menerapkan layanan berbasis jasa pasar keuangan pedesaan pada dasar yang berkelanjutan dengan tujuan utama untuk meningkatkan akses dan ketersediaan layanan keuangan mikro di daerah pedesaan di mana orangorang miskin hidup dan bekerja. Oleh karena itu, peran yang dimainkan oleh Lembaga Keuangan Mikro tinggi dalam strategi pertumbuhan Uganda. Dalam bentuk aslinya, bisnis keuangan mikro dianggap sebagai ‘amal.’ Hasilnya, kinerja skema itu terpengaruh oleh pemulihan pinjaman yang sangat jelek , inefisiensi dan biaya manajemen yang tinggi akibatnya menyebabkan runtuhnya lembaga-lembaga keuangan mikro itu. Pandangan selama bertahun-tahun telah bahwa peminjam mikro terlalu miskin untuk membayar kembali pinjaman mereka pada tingkat komersial dan oleh karena itu setiap pinjaman kepada mereka harus disubsidi.

Namun, selama dekade terakhir industrinya telah berubah menjadi besar,sektor swasta dinamis yang melayani kebutuhan keuangan rumah tangga berpendapatan rendah dan orang-orang miskin yang aktif secara ekonomi. Selama bertahun-tahun, Lembaga Keuangan Mikro telah menunjukkan keunggulan komparatif dalam  ketentuan layanan mereka untuk klien-klien perkotaan dan pedesaan berpenghasilan rendah. Selain itu, sebagian besar lembaga memeluk pandangan yang lebih berorientasi bisnis dan mempertahankan kelompokkelompok sasaran mereka sebagai orang-orang miskin yang aktif secara ekonomi, sementara berfokus pada mencapai kesinambungan keuangan dan operasional.

 

B. Perumusan Masalah Skripsi

  1. Apakah layanan keuangan kredit mikro berpengaruh positif atau negative terhadap pendapatan rumah tangga di Uganda Utara? Berapa besar pengaruhnya?
  2. Apakah faktor-faktor social ekonomi (jaringan social) dan lingkungan (bantuan keluarga) berpengaruh terhadap usaha rumah tangga? Jika berpengaruh, berapa besar?

 

C. Tujuan Penelitian

  1. Untuk menilai dampak besarnya, kecilnya kredit terhadap pendapatan rumah tangga
  2. Untuk mengetahui pengaruh faktor sosial ekonomi (Jaringan sosial) dan lingkungan (bantuan keluarga) terhadap pendaptan rumah tangga

 

D. Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian yang dilakukan diperoleh kesimpulan sebagai berikut:

1. Layanan kredit untuk investasi berpengaruh positif terhadap peningkatkan pendapatan rumah tangga maka dapat mencapai tujuan pemerintah Uganda untuk pemberdayaan rumah tangga pedesaan secara ekonomi.

2. Jumlah kredit (modal awal) kecil lebih menghasilkan pendapatan tinggi waktu usaha baru dimulai. Dapat dilihat dari hasil penelitian ini yang menunjukan bahwa kredit kecil signifikan secara statistis dalam menghasilkan pendapatan tinggi dari probabilitas nya 0.017<0.05α

 

E. Saran

Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengumpulkan sampel responden yang lebih banyak, supaya hasil penelitian nya dapat menjadi lebih representatif terhadap populasi di atas lima ribu orang para angotta lembaga keuangan ―Unite Women for Saving and Credit Co-operatives (UWMFO) di kabupati Gulu. Digunkan teknik analisa data Anova dua jalur dimana diuji pengaruh dan hubungan variabel independen masing-masing terhadap variabel dependen maka diperoleh hasil penelitian ini yang signifikan dan positif.

Administrasi lembaga-lembaga keuangan mikro dapat mengunakan penemuan ini untuk membantu para angotta lembaga keuangan untukbmemperluas jaringan social yang dapat membantu mereka dalam menjalankan usaha-usaha mereka dan melibatkan keluarga mereka dalam menjalankan usaha- usaha mereka terutama para angotta –angotta keluarga yang productive.