Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Dampak Kerahasiaan Odha di Masyarakat Terhadap Perilaku Odha dalam Mencegah Penularan

Judul Skripsi : Dampak Kerahasiaan Odha di Masyarakat terhadap Perilaku Odha dalam Mencegah Penularan Hiv di Kabupaten Banyuwangi

 

A. Latar Belakang

Kabupaten Banyuwangi merupakan wilayah yang letaknya sangat strategis, dari unsur geografis terletak di daerah pesisir yang berdekatan dengan pulau Bali dengan akses , perdagangan maupun mobilitas penduduk. Letaknya yang dekat wisata bertaraf internastional merupakan port the entry bagi turis mencanegara dan domestik ke wilayah Banyuwangi yang memungkinkan juga masuknya penyakit terutama penyakit yang ditularkan melaui hubungan seks. Selain itu di Banyuwangi mempunyai lokalisasi yang cukup banyak sehingga memungkinkan terjadi transaksi seksual yang beresiko tertular dan menulari IMS dan HIV/AIDS. Hal ini ditunjang dengan kurang sadarnya pelanggan yang tidak mau menggunakan alat pengaman (kondom) pada waktu berhubungan seks dan juga adanya daya tawar yang lemah dari PSK untuk memaksa pelanggan menggunakan kondom. Sebagai akibatnya terjadilah hubungan seks tidak aman yang merupakan faktor resiko terjadinya penularan IMS dan HIV/AIDS.

Untuk menanggulangi hal tersebut diatas maka perlu dilakukan beberapa upaya yang langsung berkaitan dengan populasi beresiko tersebut. Dinas Kesehatan sebagai penanggung jawab Kegiatan Penanggulangan Penyakit Menular Sexual di Kabupaten Banyuwangi bekerjasama dengan lembaga donor dan LSM telah melakukan beberapa upaya penanggulangan penyakit tersebut, antara lain ; pemeriksaan berkala tiap bulan di lokalisasi, pengambilan dan pemeriksaan darah pada Sero Survey. Periodic Presumtif Treatment (PPT), pelayanan IMS di kinik IMS kertosari, Kinik IMS kedungrejo. Selain itu khusus untuk pelayanan HIV/ AIDS sudah disiapkan Klinik VCT RSUD Blambangan dan Klinik VCT RSUD Genteng yang melakukan mobile klinik dua kali dalam satu bulan. Selain skreening IMS untuk intervensi perubahan perilaku juga dilakukan pendampingan terhadap para PSK dan Pelanggan.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimanakah Perilaku ODHA di masyarakat?
  2. Bagaimanakah persepsi ODHA terhadap HIV ?
  3. Bagaimana upaya ODHA untuk mencegah penularan HIV kepada orang lain?
  4. Bagaimanakah dampak kerahasiaan ODHA di masyarakat ?

 

C. Tujuan Penelitian

  1. Untuk mendapatkan informasi perilaku ODHA di masyarakat.
  2. Untuk mengetahui Persepsi ODHA terhadap HIV/ AIDS.
  3. Untuk mengetahui upaya ODHA untuk mencegah penularan HIV kepada orang lain.
  4. Untuk mengetahui dampak Kerahasiaan ODHA di masyarakat.

 

D. Kesimpulan Skripsi

1. Perilaku ODHA di masyarakat sebagian berusaha tidak menularkan kepada orang lain tetapi tidak bisa menjamin ODHA yang lain untuk tidak menularkan kepada orang lain.

2. Persepsi dan sikap ODHA terhadap HIV pada awalnya mereka syok mendengar bahwa dirinya positif menderita HIV, tetapi akhirnya mereka mau menyadari dan mau berubah dan berusaha untuk hidup lebih baik dan kerahasiaan ODHA di masyarakat masih sangat dibutuhkan untuk menghindari terjadinya hal-hal buruk.

 

E. Saran

1. Bagi Institusi dan profesi Kesehatan Stiqma tentang HIV / AIDS harus segera dihilangkan untuk bisa segera melakukan pemberdayaan dan pemantauan perilaku ODHA di masyarakat. Sehingga apabila profesi kesehatan yang merupaka ujung tombak dan orang yang dianggap paling mengerti tentang kesehatan saja melakukan stiqmanisasi maka masyarakatpun pasti melakukan hal yang sama dan justru bisa lebih para.

2. Bagi Masyarakat Sudah saatnya masyarakat ikut berperan aktif dalam penanggulangan HIV/ AIDS, bukan hanya pemerintah dan LSM saja. Mengingat jumlah kasus yang semakin hari semakin meningkat.