Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Cerita Rakyat di Kabupaten Karanganyar Fungsi dan Nilai Pendidikan

Judul Skripsi : Cerita Rakyat di Kabupaten Karanganyar Fungsi dan Nilai Pendidikan: Tinjauan Struktur dan Resepsi

 

A. Latar Belakang Masalah Skripsi

Cerita rakyat yang dimiliki oleh masyarakat di Kabupaten Karanganyar mempunyai kemungkinan untuk berperan sebagai kekayaan budaya khususnya kekayaan sastra lisan. Cerita rakyat merupakan bagian dari cerita rakyat yang masih tetap hidup dan dipertahankan oleh masyarakat Karanganyar di Kabupaten Karanganyar. Masyarakat begitu yakin dengan isi cerita rakyat yang ada di Kabupaten Karanganyar. Karena itu diperlukan penelitian yang lebih mendalam untuk dapat membuktikan kepercayaan masyarakat terhadap cerita rakyat dan dilandasi begitu banyak cerita rakyat yang ada di Kabupaten Karanganyar.

Cerita rakyat tersebut tentu memiliki bentuk, isi, struktur, dan nilai pendidikan yang bervariasi. Melalui pendeskripsian unsur-unsur yang ada dalam cerita rakyat dapat digali dan ditemukan nilai-nilai yang relevan dengan kehidupan masyarakat, misalnya nilai sosial budaya, nilai sejarah, nilai pendidikan, dan nilai-nilai yang lainnya. Jenis kajian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian struktural dan resepsi. Kajian tentang nilai, fungsi, dan tanggapan masyarakat pemilik cerita rakyat di Kabupaten Karanganyar. Oleh karena itu, melalui penelitian yang berjudul Cerita Rakyat di Kabupaten Karanganyar Fungsi Dan Nilai Pendidikan: Tinjauan Struktur dan Resepsi. Dengan penelitian ini diharapkan diperoleh hasil penelitian yang lebih lengkap dan mendalam.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana bentuk dan isi cerita yang melatarbelakangi kepercayaan masyarakat terhadap cerita rakyat yang terdapat di Kabupaten Karanganyar?
  2. Bagaimana struktur cerita rakyat yang terdapat di Kabupaten Karanganyar?
  3. Bagaimana resepsi masyarakat terhadap cerita rakyat yang terdapat di Kabupaten Karanganyar?
  4. Apa fungsi cerita rakyat bagi masyarakat di Kabupaten Karanganyar?
  5. Apa nilai-nilai pendidikan dari cerita rakyat di Kabupaten Karanganyar?

 

C. Tujuan Penelitian

  1. Untuk mendeskripsikan bentuk dan isi cerita yang melatarbelakangi kepercayaan masyarakat terhadap cerita rakyat di Kabupaten Karanganyar.
  2. Untuk mendeskripsikan struktur cerita rakyat yang terdapat di Kabupaten Karanganyar.
  3. Untuk mendeskripsikan resepsi masyarakat terhadap cerita rakyat di Kabupaten Karanganyar.
  4. Untuk mendeskripsikan fungsi cerita rakyat bagi masyarakat di Kabupaten Karanganyar.
  5. Untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan cerita rakyat di Kabupaten Karanganyar.

 

D. Simpulan

1. Cerita rakyat di Kabupaten Karanganyar yang dikumpulkan, diteliti, dan dianalisis dalam penelitian ini berjumlah empat, yaitu

(1) cerita rakyat “Joko Songo” di Kecamatan Matesih

(2) cerita rakyat “Rangga Panambang” di Dawan Kecamatan Tasikmadu

(3) cerita rakyat “Sambernyawa” di Kecamatan Matesih

(4) cerita rakyat “Jabal Khanil” di Kecamatan Tawangmangu.

2. Terkandung nilai-nilai Pendidikan  yang meliputi: nilai pendidikan moral, nilai pendidikan adat (tradisi), nilai pendidikan agama (religi), dan nilai pendidikan sejarah (historis).

3. Dalam cerita rakyat di kabupaten karanganyar di temukan tanggapan (resepsi) yang berbeda-beda. Tanggapan itu diklasifikasian menjadi dua pertama tanggapan aktif dan pasif. Tanggapan yang berbeda-beda ini dipengaruhi oleh tingkat pendidikan, usia, dan tingkat keimanan seseorang.

4. Dalam cerita rakyat di Kabupaten Karanganyar juga terdapat fungsi bagi masyarakat pemiliknya yang meliputi: fungsi bidang agama, fungsi bidang budaya, fungsi bidang sosial, fungsi bidang ekonomi. Beberapa fungsi yang terdapat dalam cerita rakyat di Kabupaten Karanganyar tersebut menandai bahwa cerita rakyat yang ada di Kabupaten Karanganyar harus dipertahankan sehingga berpotensi dan bermanfaat untuk masyarakat pemilik cerita rakyat.