Bahasa pada Dialog Iklan Produk – Produk PT Unilever Tbk Ditelevisi Swasta Indonesia

Judul Tesis : Bahasa pada Dialog Iklan Produk – Produk PT Unilever Tbk Ditelevisi Swasta Indonesia (Kajian Pragmatik)

 

A. Latar Belakang Masalah

Seperti dikutip dari website http://www.unilever.co.id/ yang merupakan situs resmi PT Unilever Tbk, sebagian besar dari produk PT Unilever merupakan produk berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Jika diperhatikan, dalam situs resmi PT Unilever tersebut ditulis tertulis ‘160 million times a day, someone somewhere chooses a Unilever product. From feeding your family to keeping your home clean and fresh, our brands are part of everyday life.’ Seratus enam puluh juta kali per hari, seseorang dimanapun memilih produk PT Unilever, dari memberi makan keluarga sampai menjaga rumah tetap bersih dan segar, brand kami adalah bagian dari kehidupan sehari-hari. Berdasarkan pernyataan tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa selain menciptakan produk, PT Unilever juga memberikan nilai lebih kepada masyarakat, hal ini menyebabkan produk- produknya cenderung dikenal.

Berdasarkan kelebihan yang dimiliki oleh media televisi, maka para produsen memilih dan mengiklankan produknya melalui media tersebut. Oleh karena itu, peneliti juga memilih iklan televisi sebagai objek penelitian dengan penelitian yang berjudul “Bahasa pada Dialog Iklan Produk-Produk PT Unilever Tbk di Televisi Swasta Indonesia (Kajian Pragmatik).”

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apa sajakah fungsi bahasa pada dialog iklan produk-produk PT Unilever Tbk di televisi swasta Indonesia?
  2. Bagaimanakah penerapan prinsip kerjasama yang terjadi pada dialog iklan produk-produk PT Unilever Tbk di televisi swasta Indonesia?
  3. Bagaimana wujud pengungkapan implikatur percakapan yang terjadi pada dialog iklan produk-produk PT Unilever Tbk di televisi swasta Indonesia?
  4. Mengapa iklan produk-produk PT Unilever Tbk dapat mempengaruhi konsumen sebagai target audience melalui tayangan iklannya di stasiun televisi swasta Indonesia?

 

C. Tujuan Penelitian

  1. Memahami dan menjelaskan fungsi bahasa pada dialog iklan produk-produk PT Unilever Tbk di televisi swasta Indonesia.
  2. Menjelaskan penerapan prinsip kerjasama yang terjadi pada dialog iklan produk-produk PT Unilever Tbk di televisi swasta Indonesia.
  3. Mendeskripsikan dan menjelaskan wujud pengungkapan implikatur percakapan yang terjadi pada dialog iklan produk-produk PT Unilever Tbk di televisi swasta Indonesia.
  4. Menjelaskan alasan yang menyebabkan iklan produk PT Unilever Tbk dapat mempengaruhi konsumen melalui tayangan iklannya di televisi swasta Indonesia.

D. Kesimpulan 

1. Disamping tujuan yang bersifat memberikan pengetahuan baru kepada masyarakat, hakikat dari bahasa iklan adalah mempengaruhi konsumen untuk membeli suatu produk yang ditawarkan. Pada dialog iklan PT Unilever, produsen dan konsumen sama-sama menyadari ada kaidah-kaidah yang mengatur tindakannya, penggunaan bahasanya, dan interpretasi-interpretasinya terhadap tindakan dan ucapan lawan tuturnya.

2. Di dalam komunikasi iklan yang wajar seorang produsen sebagai penutur mengartikulasikan ujaran dengan maksud untuk mengkomunikasikan sesuatu kepada lawan bicara atau konsumen dan berharap lawan bicaranya dapat memahami apa yang hendak dikomunikasikan itu. Oleh karena itu produsen selalu berusaha agar tuntutannya selalu relevan dengan konteks, jelas, dan mudah dipahami, padat dan ringkas dan selalu pada persoalan (straight forward).

3. Implikatur pada dialog iklan produk-produk PT Unilever Tbk diungkapkan dengan cara dan tujuan yang berbeda-beda karena segmen pasar yang berbeda-beda pula.

4. Dapat dijelaskan pula bahwa iklan mempengaruhi konsumen dengan menggabungkan beberapa elemen yakni suara, tulisan, gambar. Elemen tersebut juga merupakan satu rangkaian dengan narasi iklan yang mengadung inti pesan.